ANALISIS PEMILIHAN LOKASI BISNIS MANUFAKTUR MENGGUNAKAN FACTOR RATING METHOD (STUDI PADA ROYAL FOLDING GATE)

Rivan Purba, Ria Arifianti, Healthy Nirmalasari

Abstrak


Strategi lokasi merupakan sebuah keputusan manajemen operasi yang penting bagi sebuah perusahaan termasuk pada perusahaan manufaktur seperti Royal Folding Gate. Analisis lokasi penting bagi perusahaan karena akan berdampak pada keputusan jangka panjang perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pemilihan lokasi pada tiga lokasi yang dipertimbangkan (Kota Bandung, Kabupaten Garut dan Kota Tasikmalaya) dengan menggunakan factor rating method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan satu orang informan, studi pustaka, dan observasi. Hasil penelitian ini mendapati bahwa dengan pertimbangan faktor kedekatan dengan pasar, keamanan, ketersediaan tenaga kerja, infrastruktur, harga tanah, upah pekerja, dan biaya transportasi, Kota Bandung menjadi lokasi prioritas utama untuk dipilih.

 

Location strategy is an operational management decision that can influence distribution efficiency, operational costs, and the long-term sustainability of a company, including manufacturing firms such as Royal Folding Gate. Studies on site selection for workshops/warehouses in the folding gate industry remain limited, particularly in the West Java region. This study aims to analyze and compare the feasibility of three alternative locations—Bandung City, Garut Regency, and Tasikmalaya City—as potential expansion sites for Royal Folding Gate, using the factor rating method. The research employs a descriptive qualitative approach. Data were collected through interviews with a key informant, literature review, and field observation. The findings indicate that, based on factors such as proximity to market, security, labor availability, infrastructure, land prices, wage levels, and transportation costs, Bandung City emerges as the top-priority location for business expansion.


Kata Kunci


Manajemen Operasi, Strategi Lokasi, manufaktur, Factor rating method

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, R. T. A., Sembiring, M. A., & Sinaga, Mhd. I. A. (2022). Penerapan Metode Smart Dalam Menentukan Lokasi Toko Roti. Journal of Science and Social Research, 5(2), 442–449.

BPS Kabupaten Garut. (2025, February). Kabupaten Garut Dalam Angka 2025. Garutkab.Bps.Go.Id.

BPS Kota Bandung. (2025, February). Kota Bandung Dalam Angka 2025. Bandungkota.Bps.Go.Id.

BPS Kota Tasikmalaya. (2025). Kota Tasikmalaya Dalam Angka 2025. Tasikmalayakota.Bps.Go.Id.

Brighton. (2024, January). Harga Tanah per Meter Bandung, Mulai dari 2 Jutaan Rupiah Per M2. Brighton.Co.Id.

Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Citra Merek, Lokasi Dan Kualitas Produk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 565–572.

Fauziah. (2024, July). 10 Sektor Potensial untuk Berinvestasi di Kota Bandung. Jabarprov.Go.Id.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2020). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management (13th ed.). Pearson.

Idris, M. (2024, December). UMR Kota Bandung 2025, Tertinggi ke-8 di Jabar. Money.Kompas.Com.

Mardhiyah, A., & Safrin, F. A. (2021). Persaingan Usaha Warung Tradisional dengan Toko Modern. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5454

Mawuntu, P. S. T., & Aotama, R. C. (2023). Analisis Faktor Penghambat Pertumbuhan UMKM Kota Tomohon di Era New Normal. Jurnal Ekobistek, 12(1), 466–472. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i1.409

Moch Fasya, A. G. P. (2023). Rencana Bisnis Minuman Kemasan Halabhab. Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Nurdiyanti, N. (2024, October). City Branding dan Budaya Lokal, Strategi Garut Menjadi Destinasi Wisata Unggulan. Pic.Garutkab.Go.Id.

Poncotoyo, W., Emyus, A. M. S., Wibowo, R. R., Sholihah, S. A., Sitorus, P. P., & Jonathan. (2023). Determining The Location Of Alternative Industrial Estates Using The Center Of Gravity Method And Factor Rating. Advances in Transportation and Logistics Research, 6(3), 34–49.

Prihatminingtyas, B. (2019). Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Di Pasar Landungsari. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 7(2).

Rajul, A. (2023, May). Fenomena Urbanisasi ke Kota Bandung karena Pembangunan di Jawa Barat tidak Merata. Bandungbergrak.Id.

Sandi, F. (2024, January). Begini Nasib Proyek Tol Terpanjang RI yang Ditinggal Konglomerat. Cnbcindonesia.Com.

Sartika, I. (2021). Determinan Daya Tarik Investasi Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah (JIAPD), 13(1), 76–95.

Sharma, P., Singh Ghatorha, K., Kang, A. S., Cepova, L., Kumar, A., & Phanden, R. K. (2024). Strategic insights in manufacturing site selection: a multi-method approach using factor rating, analytic hierarchy process, and best worst method. Frontiers in Mechanical Engineering, 10. https://doi.org/10.3389/fmech.2024.1392543

Stevenson, W. J. (2021). Operation Management (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulaiman, A., Setiawan, M., Aliefta, G., & Maulana, M. (2021). Penentuan Lokasi Usaha Coffeeshop Menggunakan Metode Factor Rating. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 2(2), 134–137.

Utami, D. A., & Hadita. (2023). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Butik Azqia Hijab. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(3), 354–365.

Yogatama, B. K. (2024, May 2). Dunia Usaha dan Manufaktur Masih dalam Mode Ekspansif. Kompas.Id.




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v17i1.64330

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)