Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung

Soraya Ratna Pratiwi, Susanne Dida, Nuryah Asri Sjafirah

Abstract


Wisata halal saat ini menjadi fenomena baru dalam dunia pariwisata dan mulai dikembangkan di beberapa negara. Wisata halal merupakan wisata yang pada pelaksanaannya mengacu pada syariat Islam, baik akomodasi, atraksi, dan objek wisata itu sendiri. Di Kota Bandung, wisata halal belum banyak dikenal dan masih pada tahap persiapan pengembangan, sehingga perhatian dan kepedulian terhadap wisata halal di kota ini masih belum terbangun. Dalam menangani masalah tersebut, diperlukan sebuah strategi komunikasi untuk membangun perhatian dan kepedulian di kalangan para pemangku kepentingan termasuk masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi komunikasi dalam rangka membangun perhatian dan kepedulian para pemangku kepentingan termasuk masyarakat terhadap pengembangan wisata halal di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial Atas Realita yang dicetuskan oleh Burger dan Luckmann. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus instrumental tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata halal di Kota Bandung dikembangkan melalui dukungan dari berbagai lintas lembaga, yang disebut strategi penta helix. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam mempersiapkan Kota Bandung sebagai destinasi wisata halal dengan melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran (awareness) kepada SKPD terkait. Selain Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, beberapa lembaga lain seperti Enhaii Halal Tourism Center (EHTC) dan Salman Halal Center melakukan awareness building kepada para pemangku kepentingan dan juga masyarakat. Diperlukan strategi komunikasi yang lebih kompleks untuk mengkomunikasikan wisata halal kepada stakeholders dan juga masyarakat.


Keywords


Awareness; komunikasi pariwisata; strategi komunikasi; wisata halal; wisata kota bandung

Full Text:

PDF

References


Arnanda. (2017). Pemerintah kota bandung kenalkan masyarakat dengan kuliner halal di ‘bandung halfest 2017’. Diakses dari http://gayahidup.dreamers.id/article/62679/pemerintah-kota-bandung-kenalkan-masyarakat-dengan-kuliner-halal-di-bandung-halfest-2017 pada 17 Oktober 2017.

Battour, M. & Ismail, M. N. (2010). Toward a halal tourism market. Malaysia. http://dx.doi.org/10.1002/jtr.824.

_________________________(2015). Halal tourism: concepts, practices, challenges, and future. Tourism Management Perspectives. http: //dx.doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008.

Bungin, B. (2011). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma dan teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media.

______(2015). Komunikasi pariwisata (tourism communication), pemasaran dan brand destinasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Chanin, O., Sriprasert, P., Rahman, H. A., & Don, M. S. (2015). Guidelines on halal tourism management in the andaman sea coast of thailand. Journal Of Economics, Business And Management. 3 (8). 791-794.

COMCEC. (2016). Muslim friendly tourism: understanding the demand and supply sided in the oic member countries. Turki.

Hasan, H. (2016). A study on awareness and perception towards halal foods among muslim students in kota kinabalu, sabah. Malaysia. 803-811.

Kementerian Pariwisata, HalalTrip. (2015). Indonesia guide for muslim visitors. Jakarta

Pitana, I. G. & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar ilmu pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2017). Strategi komunikasi dan tantangan wisata halal di kota bandung. Prosiding cctc 2017: penguatan komunikasi dalam industri pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif. Riau: Aspikom Wilayah Riau, 211-219.

Seyitoglu, F. & Yuzbasioglu, N. (2015). The role of strategic communication in hospitality industry. The Case Of Antalya. 2 (2), 16-35.

Senova, A. (2016). Literasi media sebagai strategi komunikasi tim sukses relawan pemenangan pemilihan. Jurnal Kajian Komunikasi. 4 (2), 142 – 153.

Tatham, S. (2008). Strategic communication: a primer. Shrivenham: Defence Academy of the United Kingdom.

Yuanita, P. (2016). Indonesia berpartisipasi dalam world halal tourism summit 2016. Diakses dari https://travel.dream.co.id/news/indonesia-berpartisipasi-dalam-world-halal-tourism-summit-2016-160812z.html. Pada 15 Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Soraya Ratna Pratiwi, Susanne Dida, Nuryah Asri Sjafirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: