Edukasi komunikasi politik dalam menciptakan kesadaran dan minat pemilih perempuan

Nia Sarinastiti, Petty S. Fatimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perempuan melihat dan berpartisipasi dalam dinamika politik di Indonesia saat ini. Konsep yang mendasari penelitian adalah sosialisasi politik, partisipasi publik, preferensi dan kesetaraan gender karena di dalam menentukan preferensi seharusnya mendapatkan edukasi publik sehingga akhirnya menentukan tingkat partisipasi individu, dalam hal ini perempuan. Metode penelitian dilaksanakan secara mixed methods melalui survei, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara. Penentuan kategori adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan juga terhadap pengalaman dan preferensi pada kedua kelompok pemilih ini yang terkait pula pada perbedaan kelompok usia. Penyebaran survei dilakukan sebelum PILKADA 28 Juni secara online dengan menyertakan link pada website dan media sosial tertentu. Hasil sampling melalui penyebaran tersebut menghasilkan sejumlah 1,580 responden. Sedangkan untuk FGD dilaksanakan setelah berlangsungnya PILKADA, dengan tujuan untuk mengkonfirmasi temuan bagaimana para perempuan memahami program para kandidat, bagaimana minat muncul pada waktu PILKADA dan mengapa akhirnya memilih. Hasil analisis matriks menunjukkan bahwa banyak pemilih yang kurang terinformasi, padahal memiliki minat. Selain itu, minat perempuan memilih didasarkan pada keinginan menjalankan hak pilihnya dan minat pemilih didasarkan pada pemahaman terhadap rekam jejak calon melalui media online, televisi dan media sosial. Walau demikian masih ada kelompok pemilih perempuan lebih mengenal calon dari lingkungan keluarga, spanduk/baliho, koran, dan dari materi Komisi Pemilihan Umum. Sedangkan preferensi yang muncul untuk sifat pemimpin adalah jujur dan berintegritas, mempunyai pengalaman memimpin dan tegas, dan kedekatan dengan masyarakat.


Keywords


edukasi publik; partisipasi; pemilih perempuan; preferensi publik; sosialisasi politik

Full Text:

PDF

References


Achen, C. H., Bartels, L.M. (2017). Democracy for realists: why elections do not produce responsive government, New Jersey, United States: Princeton University Press.

Broide, M. (1998). Having a voice in politics.in Lesley’s Handbook of Public Relations and Communications. 5th Edition. Chicago: NTC.

Bryman, A. (2016). Social research methods. 5th Edition. United Kingdom: Oxford University Press.

Eriyanto. (2014). Analisis jaringan komunikasi. Jakarta: Kencana.

Evins, S. (2016). Social media and the rise of the connected voters. Political Communication in Real Time: Theoretical and Applied Research Approaches. Ed. Schill, D., Rika, K.& Jasperson A.E. New York: Routledge Studies in Global Information, Politics and Society.

Gilang, A., Parahita, D., & Puspitasari, N. A. (2014). Political parties re-disconnected? websites and social media of Indonesian political parties. Interact, 3(1), 15–32.

Herry, A. (2005). 9 Kunci sukses tim sukses pilkada langsung. Yogyakarta: Galang Press.

Ihsanuddin. (2018). Partisipasi pemilih pilkada serentak 2018 capai 73,24%. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2018/06/29/21115801/partisipasi-pemilih-pilkada-serentak-2018-capai-7324-%. 29 Juni 2018, Diakses 10 Juli 2018.

Illing, S. (2017). Two eminent political scientists: the problem with democracy is voters - why almost everything you think about democracy is wrong. Diakses dari https://www.vox.com/policy-and-politics/2017/6/1/15515820/donald-trump-democracy-brexit-2016-election-europe Updated Jun 24, 2017, 12:12pm 20 Juni, 2018.

Kusuma, S. (2014). Komunikasi politik di komunitas virtual. Jurnal Interact Vol. 3, No. 1, Mei 2014 Hal. 43-54. Diakses dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/717/577.

Lea, M., Spears, R., & Watt, S. E. (2007). Visibility and anonymity effects on attraction and group cohesiveness. European Journal of Social Psychology. 37, 761–773 (2007) DOI: 10.1002/ejsp.398.

Nadlir, M. (2018). KPU rilis DPT final untuk pilkada serentak 2018. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2018/05/25/23364141/kpu-rilis-dpt-final-untuk-pilkada-serentak-2018. 25 Mei 2018.

Nee, R. C., Shen, H, & Dozier, D., M. (2017). Double vision: testing audience effects of competing social media and institutional media political framing. AEJMC. Vol 11, Issue 4, 2017pp. 211–228. Diakses dari https://doi.org/10.1177/1931243117690426.

Nurussaadah, E., & Sumartias, S. (2017). Komunikasi politik PKS dalam keterbukaan ideologi. Jurnal Kajian Komunikasi. Diakses dari https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8522.

Perloff, R. M. (2010). Dynamics of persuasion, the: communication and attitudes in the 21st century.

Perloff, R. M. (2015). Mass communication research at the crossroads: definitional issues and theoretical directions for mass and political communication scholarship in an age of online media. Mass Communication and Society, 18(5), 531–556. Diakses dari https://doi.org/10.1080/15205436.2014.946997.

Pratiwi, Y. (2018). Faktanya, wanita makin rasional dalam memilih calon pemimpin. Diakses 3 Agustus 2018 dari http://www.femina.co.id/trending-topic/faktanya-wanita-makin-rasional-dalam-memilih-calon-pemimpin. Ditulis 25 Jun 2018.

Samosir, H. (2014). Kesetaraan gender: pendidikan politik penting bagi perempuan.Diakses dari CNN Indonesia 13/11/2014 05:14 WIB https://www.cnnindonesia.com/nasional/20141112210146-20-11163/pendidikan-politik-penting-bagi-perempuan 11 Agustus, 2018.

Schill, D., & Kirk, R. (2014). Courting the swing voter: “real time” insights into the 2008 and 2012 U.S. Presidential debates. American Behavioral Scientist, 58(4), 536–555. Diakses dari https://doi.org/10.1177/0002764213506204.

Setiawan, S. R. D. (2018). Tumbangkan gus ipul-puti di jatim, ini rahasia kekuatan khofifah. Diakses 07.06 WIB 2 Agustus, 2018 dari https://nasional.kompas.com/read/2018/06/28/07060761/tumbangkan-gus-ipul-puti-di-jatim-ini-rahasia-kekuatan-khofifah-emil.28/06/2018,

UNDP. (2016). Gender inequality index – human development report. Diakses 2 Agustus, 2018 dari http://hdr.undp.org/en/composite/GII.

Waugh, R. (2018). Vote for apathy? The uninformed are the key ingredient for a working democracy, study finds. Diakses 20 Juni, 2018 dari http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2076026/The-uninformed-essential-working-democracy-study-finds.html. Updated: 18:31 BST, 19 December 2011.

Wibowo, K. A., & Mirawati, I. (2013). Realitas politik Indonesia dalam kacamata pengguna Twitter. Jurnal Kajian Komunikasi, 1/1, 11–17. Diakses dari https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6027.

World Economic Forum. (2016). The global gender gap report – Insight Report.

Yusuf A., R., M. (2010). Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pendidikan politik. Ganeç Swara. Vol. 4 No.1 Februari 2010. Hal 13-16. Diakses dari http://unmasmataram.ac.id/wp/wp-content/uploads/3.-M.-Yusuf-A.R.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.19125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Nia Sarinastiti, Petty S. Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: