Konsep “Parigeuing” dalam konteks kepemimpinan dan komunikasi politik berdasarkan naskah Sunda kuno

Rangga Saptya Mohamad Permana, Elis Suryani Nani Sumarlina, Undang Ahmad Darsa

Abstract


Pada naskah-naskah Sunda kuno terdapat konsep “parigeuing”. Naskah-naskah yang memuat konsep “Parigeuing” tersebut adalah Amanat Galunggung (AG), Fragmen Carita Parahyangan (FCP), Sanghyang Hayu (SH), dan Sanghyang Siksakanda ‘Ng Karesian (SSK). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kearifan lokal kepemimpinan Sunda yang disebut “Parigeuing” yang tertera dalam naskah-naskah Sunda kuno abad ke-16 M. Metode penelitian deskriptif analisis, diimplementasikan untuk mendeskripsikan data yang ada dalam naskah Sunda kuno. Selain itu, digunakan pula metode kajian kritik teks, kajian budaya, dan komunikasi politik, untuk mengkaji dan menganalisis kandungan isi naskah, sesuai dengan bahasan yang berkaitan dengan konsep “Parigeuing” dalam konteks kepemimpinan dan komunikasi politik. Sumber data primer berupa empat buah edisi teks naskah Sunda kuno abad ke-16 M dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Hasil yang didapat berkaitan dengan konsep kepemimpinan dan komunikasi politik dari keempat naskah dimaksud, pada dasarnya sejalan. Berdasarkan naskah SH, seorang pemimpin yang ideal harus menjiwai “Tiga Rahasia” yang terdiri dari lima bagian dalam lima belas karakter yang harus terinternalisasi dalam diri seorang pemimpin, dan menjalankan prinsip “Astaguna”. Pemimpin ideal dalam naskah SSK, harus memiliki sifat “Dasa Prasanta”, yang di dalam dirinya sudah melekat karakter kepemimpinan “Pangimbuhning Twah”. Dalam teks naskah FCP, antara ketiganya harus menjiwai karakternya masing-masing. Prebu harus “ngagurat batu”, Rama harus “ngagurat lemah”, dan Resi harus “ngagurat cai”. Selain itu, pemimpin ideal pun harus menjauhi “Opat Paharaman” dan “Catur Buta”. Seluruh karakter pemimpin dalam konsep Parigeuing tersebut dapat diwujudkan dalam komunikasi politik yang efektif dan bernilai.


Keywords


Parigeuing; kepemimpinan; komunikasi; politik; naskah Sunda kuno

Full Text:

PDF

References


Acri, A., & Jordaan, R. (2012). The dikpalas of ancient java revisited: A new identification for the 24 directional deities on the Śiva temple of the Loro Jonggrang complex. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, 168(2–3), 274–313. https://doi.org/10.1163/22134379-90003562

Allahverdyan, A. E., & Galstyan, A. (2016). Emergence of leadership in communication. PLoS ONE, 11(8), 1–22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0159301

Ardial. (2010). Komunikasi Politik. Jakarta: Indeks.

Aritz, J., & Walker, R. C. (2014). Leadership styles in multicultural groups: Americans and East Asians working together. Journal of Business Communication, 51(1), 72–92. https://doi.org/10.1177/2329488413516211

Bass, B. M., & Bass, R. (2008). The bass handbook of leadership: theory, research, & managerial applications (4th ed.). Free Press.

Bataona, M. R., & Bajari, A. (2017). Relasi kuasa dan simbol ekonomi-politik gereja dalam kontestasi politik lokal Provinsi NTT. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(2), 121–135. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i2.8831

Benoit, W. L., & Holbert, R. L. (2015). Komunikasi politik. In C. R. Berger, M. E. Roloff, & D. R. Roskos-Ewoldsen (Eds.), Handbook Ilmu Komunikasi (pp. 626–649). Bandung: Nusa Media.

Besen, F., Tecchio, E., & Fialho, F. A. P. (2017). Authentic leadership and knowledge management. Gestao E Producao, 24(1), 2–14. https://doi.org/10.1590/0104-530X898-13

Canel, M. J., & Sanders, K. (2016). Komunikasi pemerintah: bidang baru dalam penelitian komunikasi politik. In H. A. Semetko & M. Scammell (Eds.), Handbook Komunikasi Politik (pp. 147–169). Bandung: Nusa Media.

Charliyan, A. (2015). Master leadership. Jakarta: Solusi Publishing.

Crigler, A. N., & Just, M. R. (2016). Mengukur afek, emosi, dan suasana hati dalam komunikasi politik. in H. A. Semetko & M. Scammell (Eds.), Handbook Komunikasi Politik (pp. 385–407). Bandung: Nusa Media.

de Vries, R. E., Bakker-Pieper, A., & Oostenveld, W. (2010). Leadership = communication? The relations of leaders’ communication styles with leadership styles, knowledge sharing and leadership outcomes. Journal of Business and Psychology, 25(3), 367–380. https://doi.org/10.1007/s10869-009-9140-2

Delvis, D. (2014). Communication: a key to leadership. empathia, Inc., 4. https://www.csun.edu/sites/default/files/LifeMatters-leadership-communication-2014.pdf

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The sage handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications, Inc.

Fairhurst, G. T., & Connaughton, S. L. (2014). Leadership: a communicative perspective. Leadership, 10(1), 7–35. https://doi.org/10.1177/1742715013509396

Gunawan, A. (2015). Nipah or gebang? A philological and codicological study based on sources from West Java. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, 171(2–3), 249–280. https://doi.org/10.1163/22134379-17101004

Gusfa, H., Yuliawati, E., & Wanti, I. (2019). Modelisasi komunikasi konstitutif dewan kehormatan penyelenggara pemilu periode 2012-2017 berdasarkan manajemen pengetahuan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 14–30. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.18413

Hodder, I. (2009). Interpretasi dokumen dan kebudayaan material. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (Indonesia, pp. 544–557). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koswara, D., Haerudin, D., & Permana, R. (2016). Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam khazanah sastra Sunda klasik: Transformasi dari kelisanan (orality) ke keberaksaraan (literacy) carita pantun Mundinglaya Di Kusumah (kajian struktural-semiotik dan etnopedagogi). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 126–134.

Luthra, A., & Dahiya, R. (2015). Effective leadership is all about communicating effectively: Connecting leadership and communication. Internatioanl Journal of Management & Business Studies, 5(3), 1–6.

Mayfield, J., & Mayfield, M. (2017). Leadership communication: Reflecting, engaging, and innovating. International Journal of Business Communication, 54(1), 3–11. https://doi.org/10.1177/2329488416675446

McLeod, J. M., & Lee, N.-J. (2016). Jaringan sosial, diskusi publik, dan keterlibatan kewarganegaraan: perspektif sosialisasi. In H. A. Semetko & M. Scammell (Eds.), Handbook Komunikasi Politik (pp. 361–381). Bandung: Nusa Media.

Mulyana, A., Hamid, F., Mansur, S., & Susilawati. (2019). Kepemimpinan efektif melalui kompetensi komunikasi di Media Nusantara Citra Group. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 184–197.

Neufeld, D. J., Wan, Z., & Fang, Y. (2010). Remote leadership, communication effectiveness and leader performance. Group Decision and Negotiation, 19(3), 227–246. https://doi.org/10.1007/s10726-008-9142-x

Nurussaadah, E., & Sumartias, S. (2017). Komunikasi politik PKS dalam keterbukaan ideologi. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8522

Pelras, C. (2016). Orality and writing among the Bugis. International Journal of Asia-Pacific Studies, 12(Supp. 1), 13–51. https://doi.org/10.21315/ijaps2016.12.s1.3

Permana, R. S. M. (2015). Makna Tri Tangtu Di Buana yang mengandung aspek komunikasi politik dalam Fragmen Carita Parahyangan. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 173–191. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n2.8

Pratamawaty, B. B., Dewi, E. A. S., & Trulline, P. (2019). Strategi komunikasi politik dalam sosialisasi kebijakan masyarakat ekonomi ASEAN di Bandung Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 211–223.

Răducan, R., & Răducan, R. (2014). Communication styles of leadership tools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149(Supp.), 813–818. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.326

Robson, S. (2011). Javanese script as cultural artifact: Historical background. RIMA: Review of Indonesian and Malaysian Affairs, 45(1–2), 9–36.

Rohim. (2013). Dua kebenaran dalam naskah Sunda Carios Tamim. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 21(1), 285–304. https://doi.org/10.19105/karsa.v21i2.522

Rohmana, J. A. (2017). Tasawuf Sunda dalam naskah Asmarandana Ngagurit Kaburu Burit (OR. 7876). Ulumuna, 17(2), 231–258. https://doi.org/10.20414/ujis.v17i2.161

Sarinastiti, N., & Fatimah, P. S. (2019). Edukasi komunikasi politik dalam menciptakan kesadaran dan minat pemilih perempuan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.19125

Senova, A. (2016). Literasi media sebagai strategi komunikasi tim sukses relawan pemenangan pemilihan presiden Jokowi-JK di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 142–153. https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.7411

Sumarlina, E. S. N. (2016). Baduy: masa kini, Antara Konvensi dan Inovasi. Bandung: SituSeni.

Sumarlina, E. S. N. (2017). Batari hiyang janapati dalam perspektif gender. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(2), 181–196. https://doi.org/10.26499/jentera.v6i2.177

Sumarlina, E. S. N. (2018). Kearifan lokal budaya sunda dalam media massa cetak Jilid 1. Bandung: Raness Media Rancage.

Sumarlina, E. S. N. (2018). Kearifan lokal budaya sunda dalam media massa cetak Jilid 2. Bandung: Raness Media Rancage.

Sumarlina, E. S. N. (2018). Seni budaya dan kearifan lokal. Bandung: Raness Media Rancage.

Suryalaga, H. R. H. (2009). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayat.

Susanto, E. H. (2013). Dinamika komunikasi politik dalam pemilihan umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6041

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen. RajaGrafindo Persada.

Tourish, D. (2014). Leadership, more or less? A processual, communication perspective on the role of agency in leadership theory. Leadership, 10(1), 79–98. https://doi.org/10.1177/1742715013509030

Yodiansyah, H. (2017). Komunikasi politik media surat kabar dalam studi pesan: Realitas politik pada media cetak Riau Pos dan Tribun Pekanbaru. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 11–30. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8889

Zulch, B. (2014). Leadership communication in project management. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 119(Supp.), 172–181. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.021




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.25671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Rangga Saptya Mohamad Permana, Elis Suryani Nani Sumarlina, Undang Ahmad Darsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: