Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram

Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraida, Lukiati Komala Erdinaya, Kokom Komariah

Abstract


Komunikasi dalam pelayanan publik menempati peranan yang sangat penting pada masa revolusi industri 4.0. Pentingnya komunikasi publik ini ditandai dengan semakin strategisnya penyampaian dan penyebaran informasi tata kelola pemerintahan yang dilakukan oleh bagian Humas Pemerintah dengan tujuan agar dapat mengubah paradigma masyarakat terhadap kinerja lembaga pemerintah menjadi lebih positif dan solutif. Melalui komunikasi pemerintahan yang didukung dengan penerapan teknologi media digital merupakan alternatif utama dalam menghadapi era milenial yang sangat kompetitif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis data secara deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh Humas Pemerintah telah bergeser secara “ekstrim” akibat penetrasi teknologi informasi yang harus segera diwujudkan secara optimal dalam melayani masyarakat dalam bentuk pemanfaatan media digital, salah satunya Instagram. Pemilihan aplikasi Instagram ini oleh sebagian besar pelaku Humas Pemerintah Kabuptaen/Kota di Jawa Barat dikarenakan aplikasi Instagram sejalan dengan semangat dan nilai-nilai kehumasan yang selalu menyampaikan informasi-informasi yang positif kepada publiknya. Simpulan menunjukkan bahwa komunikasi pemerintahan melalui aplikasi teknologi informasi berupa media sosial Instagram dapat menjadi alternatif media komunikasi dalam membangun hubungan publik dan upaya branding lembaga pemerintah di lingkungan kabupaten/kota dalam membentuk positioning yang kuat di benak publik sehingga kabupaten/kota dapat dikenal secara luas.


Keywords


Komunikasi; pelayanan publik; branding; humas pemerintah; Instagram

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Z. (2016). Komunikasi pemerintahan: filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Anggrahini, M. D., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2014). Peran humas pemerintah kabupaten Sragen dalam pengelolaan isi informasi website pemda sebagai media communications relations dengan masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi (JIK), 6(2), 145–152.

Arief, N. N. (2019). Public relations in the era of artificial intelligence: bagaimana big data dan AI merevolusi dunia PR. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hutasoit, C. S. (2011). Pelayanan publik: teori dan aplikasi. Jakarta: Magna Script Publishing.

Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2018). Peran manajerial dan teknisi humas lembaga pemerintah dan swasta. Aristo, 6(1), 1. https://doi.org/10.24269/ars.v6i1.760

Meraz, S. (2009). Is there an elite hold? traditional media to social media agenda setting influence in blog networks. Journal of Computer-Mediated Communication, 14(3), 682–707. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2009.01458.x

Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications.

Mulyana, D. (2001). Merancang peran baru humas dalam pengembangan otonomi daerah. Jurnal MediaTor, 1(1), 1–9.

Nomleni, K. E. J., Sumartias, S., & Setiawan, W. (2019). Komunikasi sosial pemerintah dalam penyebaran informasi perbatasan Negara Indonesia dan Timor Leste. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 251. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.21348

Novianti, D., & Fatonah, S. (2016). Model literasi media di lingkungan ibu-ibu rumah tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 101–113.

Nurjanah, A., & Nurnisya, F. Y. (2016). Humas pemerintah & digital public relations. Aristo, 4(1), 1–24. https://doi.org/10.24269/ars.v4i1.183

Pujileksono, S. (2016). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Malang: Kelompok Instrans Publishing.

Purwindra, M. B. (2016). Peran humas Badan pusat Statistik sebagai pengelola manajemen reputasi di era keterbukaan informasi publik. Jurnal Imu Komunikasi, 7(1), 71–82.

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1729/pdf

Rahman, A., & Sjoraida, D. F. (2017). Strategi komunikasi pemerintah kabupaten Subang menyosialisasikan gerakan pembangunan untuk rakyat infrastruktur berkelanjutan. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(2), 136–146.

Rumra, F. (2014). Pengelolaan informasi publik pada Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 18(2), 177–188.

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528

Sari, B. W. N. (2012). Humas pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarosa, S. (2017). Penelitian kualitatif dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Sedarmayanti. (2018). Komunikasi pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Setiawan, A. J. (2007). Public relations-kompetensi dalam kompetisi global. Jurnal Public Relations Indonesia, 1(2).

Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran. Jurnal PRofesi Humas, 4(2), 174–192.

Sugiyono. (2007). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, R., Ratnamulyani, I., & Fitriah, M. (2016). Fenomena penggunaan foto outfit of the day di Instagram sebagai media presentasi diri. Jurnal Komunikatio, 2(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraida, Lukiati Komala Erdinaya, Kokom Komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: