TRANSFORMASI PT ASKES (PERSERO) MENJADI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN

Veny Afrilia, Suwandi Sumartias, Lukiati Komala Erdinaya

Abstract


PT ASKES (PERSERO) diterpa berbagai persoalan dalam melayani urusan kesehatan. Tata kelola PT ASKES dinilai buruk dari layanan kesehatan masyarakat. Namun, setelah enam tahun berubah menjadi BPJS, dan terbitnya UU BPJS No 24 tahun 2011, masih ditemui berbagai hal menyimpang dari tujuan pembentukan UU tersebut. Selain diwarnai dengan ketidakjelasan mekanisme pelayanan dan pertanggungjawaban di tingkat dinas, juga lemahnya pengawasan serta buruknya sistem pelayanan di beberapa rumah sakit. Kini, pemegang kartu BPJS masih merasa “warga” kelas dua dalam memperolah layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan yang melatarbelakangi transformasi PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan Studi Kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan PT Askes (Persero) melakukan transformasi karena adanya keinginan dari pemerintah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jaminan kesehatan yang terjangkau, dan memberikan manfaat serta tidak memberatkan masyarakat terutama dari segi finansial. Untuk pemahaman staf divisi pemasaran mengenai transformasi dari PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan pada umumnya staf divisi pemasaran memahami transformasi sebagai upaya pemerintah dalam memajukan tingkat kesehatan dan taraf hidup masyarakat secara keseluruhan yang menjadi visi dan misi BPJS kesehatan. Sedangkan mengenai tanggapan peserta mengenai BPJS Kesehatan, peserta BPJS Kesehatan masih menganggap BPJS Kesehatan masih kalah bersaing atau kurang efektif jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan asuransi swasta.

Keywords


Transformasi, transformasi organisasi, interaksionisme simbolik, PT Askes (persero), BPJS kesehatan

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. (2007). KBBI, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

BPJS Kesehatan. (2014). Buku panduan praktis pelayanan kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan

Chandra, A. (2010). Cakupan universal jamkesmas berat terlaksana untuk tahun 2014. Diakses dari http://health.kompas.com

Cummings, T, G. & Worley, C, G. (2008). Organization development & change, 9th Edition. USA: Cengage Learning

Fisher, A, B. (1990). Perspective on human communication. (teori-teori komunikasi): New York

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2017). Message platform atribut siger lampung di dalam kebhinekaan multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 91–101

Humas BPJS. (2010). Visi dan misi. Diakses dari http://bpjs kesehatan.go.id

Humas BPJS. (2013). Landasan hukum. Diakses dari http://bpjs-kesehatan.go.id

Junaedi, U. (2015). MUI: BPJS kesehatan bukan haram tetapi tidak sesuai syari’ah islam. Diakses dari http://www.kompasiana.com/ucijunaedi/mui-bpjs-kesehatan-bukan-haram-tetapi-tidak-sesuai-syari-ah-islam

Kartono, K. & Gulo, D. (2000.) Kamus psikologi. Bandung: Pionir

Kosasih, E. J., Setianti, Y., & Wahyudin, U. (2017). Pengaruh kredibilitas petugas terhadap sikap kepatuhan pasien tbc pada pemeriksaan dahak. Jurnal Kajian Komunikasi, 5/1, 1–10

Kurniawan, R. (2015). Ribuan buruh geruduk kantor bpjs kesehatan di bandung. Diakses dari http: //jabar.metrotvnews.com

Moleong, L, J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, D. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugraha, A. (2015). Kemana sosialisasi dari BPJS. Diakses dari http://www.prfmnews.com

Pratama. M, I. (2015). Pengaruh rebranding terhadap citra bank jambi pada nasabah, Jurnal Kajian Komunikasi. Diakses dari http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7404/3406

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

Wijaya, C. (2014). Klaim BPJS kesehatan kabupaten bandung capai rp 187 miliar. Diakses dari http://www.pikiran-rakyat.com

Yin, R, K. (2011). Studi kasus (desain dan metode). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ziyan. (2015). BPJS kab. bandung investigasi isu praktek percaloan. Diakses dari http://galamedianews.com




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v5i2.8481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Veny Afrilia, Suwandi Sumartias, Lukiati Komala Erdinaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.idjurnalkajiankomunikasiunpad@gmail.com


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: