Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share (TPS) Berbantuan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa

Ismah Ismah, Merlinda Justine

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan metode Drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran hanya menggunakan metode Drill pada pokok bahasan kubus dan balok. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara keaktifan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pemakaian model pembelajaran dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP YAPIA Ciputat dengan subjek penelitian ini adalah kelas VIII A untuk kelas eksperimen satu dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII C untuk kelas eksperimen dua dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa foto kegiatan pembelajaran, metode angket konstruk untuk data keaktifan belajar matematika siswa, metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi bervariansi sama (homogen) menggunakan uji Fisher. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan metode Drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran hanya menggunakan metode Drill pada pokok bahasan kubus dan balok (Fa = 49,19 > 4,00 = F tabel pada taraf signifikansi 0.05). (2) keaktifan belajar siswa memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok (Fb = 9,85 > 3.15 = F tabel pada taraf signifikansi 0.05). (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok (Fab = 18,59> 3.15 = Ftabel pada taraf signifikansi 0.05).


Keywords


Pembelajaran kooperatif tipe TPS, Metode Drill, Keaktifan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


. Asnawir, dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers

. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

. Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva

Press

. N, A,. Nik Azlina. 2010. Supporting Collaborative Activities Among Students and Teachers

Through the Use of Think-Pair-Share Techniques. IJCSI International Journal of Computer

Science Issues, Vol. 7, Issue 5. pp. 19

. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Orientasi Standart Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

. Slavin, Robert. 2009. Cooperative Learning (teori, riset dan praktik). Bandung: Nusa Media

. Sudjana, Nana. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

. Volpe, Robert J.; Mule, Christina M.; Briesch, Amy M.; Joseph, Laurice M.; Burns,

.Matthew K. 2011. A Comparison of Two Flashcard Drill Methods Targeting Word

RecognitionJournal of Behavioral Education, v20 n2 p117-137

.Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: PT Remaja Rosdakarya [12].Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Kontruktivistik. Jakarta: Referensi




DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v11.n2.29632.103-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Matematika Integratif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor


Indexed by:

width=width= width= width= width= width=

 

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.