BUDIDAYA DAN PRODUK OLAHAN IKAN LELE DI DESA BANDASARI KECAMATAN CANGKUANG KABUPATEN BANDUNG

ZAENAL MUTTAQIN, Wahyu GUnawan, Setiawan Setiawan

Sari


Beberapa masyarakat di desa Bandasari telah melakukan budidaya ikan lele dengan metode balong. Artikel ini bertujuan memaparkan kegiatan pengabdian masyarakat integratif KKN di Desa Bandasari berupa pengenalan metode alternatif budidaya lele dan pengolahan produk ikan lele sebagai upaya pengembangan kewirausahaan masyarakat desa. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi, eksperimen, dan pendampingan budidaya dan pengolahan produk ikan lele. Sosialisasi dan eksperimen budidaya lele dengan bioflok dilakukan di pondok pesantren Al-Bayyun. Sosialisasi dan eksperimen produk olahan lele dilakukan kepada ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan pemuda Karang Taruna Desa Bandasari, serta pendampingan pembentukan kelompok bubidaya ikan lele. Hasil dari kegiatan ini memperlihatkan bahwa pengenalan budidaya lele dengan bioflok menarik masyarakat sebagai alternatif budidaya lele dengan metode balong. Produk olahan lele yang dikenalkan dan dieksperimenkan berupa nugget dan dimsum. Terakhir, kegiatan ini berhasil pula melakukan pembentukan dan peresmian kelompok budidaya ikan lele “Labuan Bulan”.

Kata Kunci


Ikan Lele, Bioflok, pengembangan kewirausahaan, kelompok budidaya, produk olahan ikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aman, S., Supriyanto, S., & Putri, M. A. (2021). Implementasi BMC dengan Metode Design Thinking dalam Menghadapi Covid-19 di IKM Pati. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(2), 6-14.

Firmansyah, M. A., SE, M., Anita Roosmawarni, S. E., & SE, M. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan konsep). Penerbit Qiara Media.

Widiastuti, H., Kresnawati, E., & Utami, E. R. (2019). Pemetaan Potensi Desa dalam Rangka Mewujudkan Bumdes Di Kecamatan Moyudan. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 7(1), 1-13.

Wijaya, L. E. (2016). Analisis Business Model Canvas Pada CV. Kayu Murni Surabaya. Agora, 4(2), 304-313.




DOI: https://doi.org/10.24198/job.v3i1.45295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:


 width=


 

Kontak Kami:

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor