Efektifitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Mts Negeri 1 Lumajang dalam Penanganan Kegawatdaruratan Tersedak Akibat Obstruksi Benda Asing
Abstract
Tersedak merupakan kejadian kewagatdaruratan yang sering terjadi di masyarakat terutama di kalangan siswa sekolah, oleh karena itu sangat diperlukan untuk mendidik dan melatih siswa dalam penanganan tersedak terutama apabila kegawatan terjadi di area sekolah. Penanganan awal dengan benar kasus tersedak dapat mengurangi resiko kematian akibat kasus ini. Oleh karena itu keris Agroners Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan penanganan kegawatdaruratan tersedak pada siswa kelas 7 dan 8 sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa MTS Negeri 1 Lumajang dalam menangani kejadian kegawatdaruratan tersedak akibat benda asing di jalan napas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, demonstrasi dan redemonstrasi dengan menggunakan media power point, x-banner, probandus dan phantom. Peningkatan kemampuan siswa diukur menggunakan lembar evaluasi pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil penilaian kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan didapatkan hasil p = 0.000 atau p < 0.05, yang berarti terdapat perbedaaan kemampuan siswa dari sebelum dan setelah dilakukan pelatihan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dan pelatihan pada siswa sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menangani kejadian kegawatdaruratan tersedak akibat obstruksi benda asing di jalan napas.
Kata kunci: Kegawatdauratan, obtruksi jalan napas, pelatihan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad, B. F. (2020). Effect of cardiopulmonary resuscitation training towards cardiac arrest emergency knowledge upon students at Student Health Association of Universitas Gadjah Mada, Indonesia. International Journal of Research in Medical Sciences, 8(10), 3463. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20204217
Achmad, B. F., & Partorejo, S. (2020). Effectiveness of first-aid training in school among high school students in Kulon Progo, Indonesia. International Journal of Research in Medical Sciences, 8(3), 974–978. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20200765
Esperanza, A., & Simanjuntak, S. M. (2019). Pengetahuan tentang Kesiagaan Bencana Melalui Promosi dan Pelatihan Siaga Gempa Bumi Pendahuluan Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua , yakni , Indo-Aus. Media Karya Kesehatan, 3(1), 1–14.
Fahrurroji, A., Wicaksono, A., Fauzan, S., Fitriangga, A., Fahdi, F. K., & Nurbaeti, S. N. (2020). Penangangan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Dan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Lingkungan Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 47. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.16820
H, H., Aris, M., & M, M. (2019). Peningkatan Pengetahuan Lanjut Usia melalui Pendidikan Kesehatan dengan Menggunakan Media Power Point. Media Karya Kesehatan, 2(2), 164–177. https://doi.org/10.24198/mkk.v2i2.22472
Herlina, S., Winarti, W., & Wahyudi, C. T. (2019). Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader kesehatan melalui pelatihan bantuan hidup dasar. Riau Journal of Empowerment, 1(2), 85–90. https://doi.org/10.31258/raje.1.2.11
Maisyaroh, A., & Prasetya, E. (2020). Buku ajar keperawatan gawat darurat, manajemen bencana, dan keperawatan kritis. Bondowoso: KHD Production.
Pakpahan, M., Rangga, F. D., Vasquien, S., & Octaria, M. (2020). Persepsi Perawat sebagai Edukator Berhubungan dengan Implementasi Discharge Planning. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 30–43. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.81
Prayitno, S., & Arini, T. (2021). Efektifitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 133–142.
Purnomo, E., Nur, A., A. Pulungan, Z. S., & Nasir, A. (2021). Pengetahuan dan Keterampilan Bantuan Hidup Dasar Serta Penanganan Tersedak Pada Siswa SMA. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(1), 42–48. https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.13008
Rahmawati, I., & Ningsih, D. P. S. (2020). Effectiveness of Audiovisual-Based Training on Basic Life Support Knowledge of Students in Bengkulu. The 7th International Conference on Public Health, 40–45. https://doi.org/10.26911/the7thicph.02.45
Ramdan, I. M., & Rahman, A. (2017). Analisis Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja ( K3 ) pada Perawat Analysis of Health and Work Safety Risk ( K3 ) on Nurse. Jkp, 5(3), 229–241.
Salih, A. M., Alfaki, M., & Alam-Elhuda, D. M. (2016). Airway foreign bodies: A critical review for a common pediatric emergency. World Journal of Emergency Medicine, 7(1), 5. https://doi.org/10.5847/wjem.j.1920-8642.2016.01.001
Sari, E. M. D., Wulandini, P., & Fitri, A. (2018). Perilaku Ibu Dalam Pertolongan Pertama Saat Tersedak Pada Anak Usia Toddler Di Posyandu Harapan Ibu Desa Penghidupan Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 2(1). Retrieved from http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/499
Simpson, & Yadav. (2019). A Study to assess The Effectiveness of Planned Teaching Programme on Knowledge regarding First Aid Management of chocking among Primary school teacher at selected school at Dehadrun. Indian Journals.Com, 7(3), 271–274. https://doi.org/10.5958/2454-2652.2019.00063.5
Suartini, E., & Supardi, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak Dengan Mobile Aplication Dan Phantom Pada Orang Tua Di Tk Taman Sukaria Terhadap Kemampuan Keluarga. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 411–422. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.231
Sulistiyani, A., & Ramdani, M. L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet tentang Penanganan Tersedak pada Anak terhadap Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu di Desa Karangsari. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 4(1), 11–25.
Suwardianto, H., & Erawati. (2018). Pelatihan Penangganan Korban Tersedak Terhadap Pemahaman Tujuan, Prosedur, Kewaspadaan, Dan Evaluasi Tindakan. Jurnal Penelitian Keperawatan, 4(2). https://doi.org/10.32660/jurnal.v4i2.328
V.B.Aty, Y. M., & Deran, M. K. (2021). Literatur Review : Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak. Bima Nursing Journal, 2(2), 82–89.
Widiastuti, D., & Chair, I. (2016). Aspirasi Kacang pada Anak. Sari Pediatri, 4(4), 186. https://doi.org/10.14238/sp4.4.2003.186-91
Wulandini, P., Roza, A., & Sartika, W. (2018). Simulasi Bantuan Henti Napas, Henti Jantung Guna Pencegahan Kematian Mendadak Bagi Siswi Di Ponpes. Babusalam. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.647
Yayang Harigustian. (2020). Tingkat Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Ibu Yang Memiliki Balita di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera. Jurnal Keperawatan, 12(3).
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v5i2.35521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License