ANALISIS SALURAN, MARGIN, DAN EFISIENSI PEMASARAN ITIK LOKAL PEDAGING
Sari
Salah satu langkah penting dalam mengembangkan usaha peternakan itik lokal pedaging adalah menentukan saluran pemasaran (SP) yang efisien. Pemasaran yang efisien dapat memberikan keuntungan maksimal kepada peternak dan pedagang itik lokal pedaging. Indikator efisiensi pemasaran terdapat pada margin pemasaran dan farmer’s share. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana bentuk saluran pemasaran itik lokal pedaging dari Desa Citrajaya ke wilayah Jakarta, menghitung besar persentase margin, biaya, dan keuntungan pada tiap saluran pemasaran serta farmer’s share yang diterima oleh tiap peternak, kemudian menentukan bentuk saluran pemasaran yang paling efisien. Penelitian dilakukan di Desa Citrajaya, Kabupaten Subang, dan tiap lokasi yang merupakan tempat kegiatan pemasaran itik lokal pedaging di wilayah Subang dan Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara terhadap peternak dan pedagang yang terlibat dalam pemasaranitik lokal pedaging. Saluran pemasaran itik lokal pedaging dari Desa Citrajaya ke wilayah Jakarta terdiri dari tiga bentuk, yaitu : Peternak à pedagang pengumpul à pengecer (SP1); Peternak à pedagang besar à pengecer (SP2); Peternak à pedagang besar à penyalur à pengecer (SP3). Bentuk saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 2 (SP2).
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.