DAMPAK DARI GAJI KEPADA HAK SERTA JAMINAN KERJA PETUGAS K3L

Himmatul Ulya, Muhammad Fedryansyah

Sari


K3L merupakan pekerja atau petugas yang berfokus pada kebersihan serta tata lingkungan di dalam lingkungan Unversitas Padjadjaran. Dalam melaksanakan pekerjaannya, para petugas K3L memiliki penghasilan tidak begitu besar, bahkan para petugas berpendapat bahwa gaji yang mereka terima masih belum dapat memenuhi kebuthan mereka. Walaupun demikian, para petugas K3L perlu disertai dengan berbagai jaminan yang perlu dipenuhi oleh pihak dimana mereka bekerja agar dapat memenuhi hak para petugas sebagai bagian dari institusi ini. Jaminan kerja tersebut dapat berupa fasilitas agar dapat membuat para petugas tidak khawatir akan pekerjaan yang mereka tekuni saat ini. Dari hal tersebut dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman selama bekerja. Teknik yang dilakukan untuk dapat mengumpulkan data adalah dengan melalui wawancara langsung dengan para petugas serta mencari tambahan data melalui studi literatur. Dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan, bahwa para petugas K3L belum begitu puas dengan pendapatan yang mereka peroleh, serta kurangnya perhatian dari pihak lembaga pendapat dari para petugas K3L ini. Dengan dapat diberlakukannya suatu jaminan kerja, dapat pula meningkatkan semangat dalam bekerja para petugas.

Kata Kunci


Petugas K3L, Pendapatan, Jaminan kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, W. (2017). Pengaruh Quality of Work life terhadap kinerja karyawan PT.BNI Palembang.

gus. (2014). perkembangan peraturan jaminan sosial tenaga kerja dalam rangka perlindungan hukum buruh/pekerja. 53-68.

Hermana, D. (2008). PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA.

Indriyanti, A. (2014). ANALISIS PENGARUH GAJI DAN TUNJANGAN KESEJAHTERAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN OPERATION DEPARTMENT PT. EXPORT LEAF INDONESIA. jurnal paradigma, 41-54.

Jaminan sosial tenaga kerja. (1992). Jakarta: Sinar Grafik.

Jaminan Sosial Tenaga Kerja. (1992). Jakark: Sinar Grafika.

Jurnalistik16. (2017). Pekerja K3L Unpad belum sejahtera.

Listyorini, T. (2016). PELAKSANAAN PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN BAGI PEKERJA INFORMAL DIBIDANG PETERNAKAN DAN PERTANIAN DI KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN. 1-14.

Miftah Arifin, M. I. (2005). Studi komperhensif kesejahteraan tenaga kerja di kabupaten Jepara. Jurnal dinamika ekonomi dan bisnis, 4-10.

Prinst, D. (1994). Hukum Ketenagakerjaaan Indonesia. Bandung : PT Citra Sditya Bakti.

Rahminita, S. H. (2017). IMPLEMENTASI KONVENSI PENGHAPUSAN SEGALA BENTUK DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN (CEDAW) DAN KORELASINYA TERHADAP KETIDAKSETARAAN GENDER DI CINA. Jurnal Ilmu Sosial, 41-46.

Sejati, A. N. (2015). Peran Buruh dalam kesejahteraan sosial PT. Senang Kharisma Textile. Jurnal sosologi dilema, 17-25.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18254

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)