Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

JUDUL ARTIKEL

(Huruf Kapital, Tahoma, 14 point, Bold, centered)

(kosong, spasi tunggal)

Penulis Pertama1, Kedua2, dan Ketiga3 (10 point) dengan menyebutkan asal institusi

(kosong, spasi tunggal)

 (e-mail:peneliti@alamat.com (10 point, italic)

(dua ketuk spasi tunggal)

 

ABSTRAK (bold, 10 Point Time New Roman).

Abstrak dalam bahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata. Abstrak mencakup permasalahan, metode, dan temuan serta simpulan. Abstrak dalam bahasa Inggris, tidak lebih dari 200 kata.

(kosong,spasi tunggal)

Kata-kata kunci (Key words): Tuliskan maksimal 5 kata-kata kunci (key words).

(tiga ketuk spasi tunggal)

 

 

FORMAT NASKAH

Artikel yang dimuat dalam jumal ini dapat berupa kajian konseptual dan atau hasil-hasil penelitian pada masing-masing disiplin ilmu atau interdisiplin. Secara umum, sistematika artikel terdiri atas pendahuluan/introduksi yang menguraikan latar belakang dan permasalahan yang dikaji yang ditunjang oleh referensi yang relevan, metode, hasil dan pembahasan, dan Penutup (simpulan & rekomendasi). Pada kajian yang bersifat konseptual, bagian metode dapat ditiadakan bila dianggap tidak perlu.

 

STRUKTUR ARTIKEL

1)      JUDUL

2)      ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Indonesia dan Inggris

3)      PENDAHULUAN  

4)      METODE (jika penelitian lapangan)

5)      HASIL & PEMBAHASAN

6)      PENUTUP

7)      UCAPAN TERIMA KASIH (apabila ada)

8)      DAFTAR PUSTAKA

9)      Daftar Tabel (berserta judul tabel)

10)    Daftar Gambar (beserta judul gambar)

11)    Daftar Lampiran (apabila diperlukan)

 

 Pendahuluan (Introduction)

Dalam pendahuluan dikemukakan suatu permasalahan/ konsep/hasil penelitian sebelumnya secara jelas dan ringkas sebagai dasar dilakukannya penelitian yang akan ditulis sebagai artikel ilmiah. Pustaka yang dirujuk hanya yang benar-benar penting dan relevan dengan permasalahan untuk men"justifikasi" dilakukannya penelitian, atau untuk mendasari hipotesis. Pendahuluan juga harus menjelaskan mengapa topik penelitian dipilih dan dianggap penting, dan diakhiri dengan menyatakan tujuan penelitian tersebut.

 

Metode (Methods),  

Jika penelitian lapangan maka metode harus mencakup informasi mengenai tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, dan analisis statistik yang digunakan. Metode yang dilaksanakan dituliskan secara terperinci. Sedangkan jika merupakan kajian pustaka, cukup dijelaskan pada akhir latar belakang

 

Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion)

Alur pelaksanaan penelitian harus ditulis dengan rinci dan jelas sehingga peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama (repeatable and reproduceable).  Hasil penelitian dalam bentuk data merupakan bagian yang disajikan untuk menginformasikan hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan. Ilustrasi hasil penelitian dapat menggunakan grafik/tabel/gambar. Tabel dan grafik harus dapat dipahami dan diberi keterangan secukupnya. Hasil yang dikemukakan hanyalah temuan yang bermakna dan relevan dengan tujuan penelitian. Dalam Pembahasan dikemukakan keterkaitan antar hasil penelitian dengan teori, perbandingan hasil penelitian dengan hasil penelitian lain yang sudah dipublikasikan. Pembahasan menjelaskan pula implikasi temuan yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya.

 

Simpulan dan Saran (Conclusion and Suggestion)

Simpulan merupakan penegasan penulis mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Saran hendaknya didasari oleh hasil temuan penelitian, berimplikasi praktis, pengembangan teori baru (khusus untuk program doktor), dan atau penelitian lanjutan.

Naskah ditulis dalam dua kolom pada kertas berukuran A4, dengan jarak antar kolom 1 cm. Panjang tulisan maksimal 4 - 8 halaman berspasi tunggal, termasuk daftar pustaka, gambar, tabel, dan lampiran. Setiap halaman memiliki margin atas 3 cm, margin bawah 2.5 cm, margin kiri dan kanan 2 cm. Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bentuk huruf Time New Roman. Naskah juga dapat ditulis dalam bahasa Inggris.

Naskah dimulai dengan halaman pertama yang memuat:

-        Judul singkat (running head). Penulis diminta untuk membuat judul singkat (maksimal 14 kata).

-        Judul lengkap (dalam bahasa Indonesia dan Inggris).

-        Nama penulis, afiliasi, dan alamat korespondensi (mis. E-mail).

 

Gambar dan Tabel

-        Gambar yang akan ditampilkan dalam jumal adalah gambar hitam-putih. Bila menginginkan, penulis dapat menyertakan gambar berwama, namun penulis akan dikenai biaya pencetakan gambar berwama tersebut.

-        Gambar dan tabel diberi nomor sebagai berikut: Gambar 1., Gambar 2, dst. Tabel 1, Tabel 2, dst.

-        Gambar dan tabel yang substansinya sama, ditampilkan salah satu.

-        Tabel berbentuk pivot table.

 

Penulisan subjudul (heading)

-        Subjudul tingkat pertama semuanya dicetak tebal ditulis dengan huruf kapital, misal: PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN

-        Subjudul tingkat kedua, semuanya dicetak tebal dan ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertama dari setiap kata, misal: Sistem Pengelolaan Lingkungan Tradisional

-        Subjudul tingkat ketiga, semuanya ditulis dengan huruf miring dan huruf kecil kecuali huruf pertama dari setiap kata, misal: Sistem Kebun Talun

 

UCAPAN TERIMA KASIH

- Penulis dapat menuliskan ucapan terima kasih kepada individu, lembaga pemberi dana penelitian, dsb. Ucapan terima kasih ditulis sebelum Daftar Pustaka.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kepustakaan yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya kepustakaan yang dikutip atau yang dijadikan rujukan dan ditulis dalam teks. Penulisan rujukan dalam badan karangan dilakukan sebagai berikut:

(1) Pengarang tunggal:

Goldschmidt, W. 1992. The Human Career The Self in the Symbolic World. Cambridge: Black Well

 (2) Pengarang bersama:

Corcoran, K. & Fischer, 1. 1987. Measure for Clinical Practice: a Source Book. New York:The Free Press.

 (3) Editor atau Penyunting:

Koentjaraningrat (ed). 1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Penerbit PT Gramedia

 (4) Terjemahan:

Scott, J.C. 2000. Senjatanya Orang-Orang Yang Kalah. Terjemahan A. Rahman Zainuddin, Sayogyo dan Mien Joebhaar. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

 (5) Bab dalam buku:

Fleishman, LA. 1973. Twenty Years of Consideration and Structure. Dalam Fleishman, LA. & Hunt, J.G.. (ed.). "Current Development in the Study of Leadership "Selected Reading, hIm. 1-37. Carbondale: Southem Illinois University Press.

 (6) Jumal:

Persoon, G.A. 2002. Isolated Islanders or Indigenous People: the Political Discourse and its Effects on Siberut (Mentawai Archipelago, West-Sumatra).              Antropologi Indonesia 68:25-39

 (7) Rujukan elektronik:

Boon, J. (tanpa tahun). Anthropology of Religion. Melalui, <http://www.indiana.edu/-wanthro/reliogion.htm>[10/5/03]

Kawasaki, Jodee L.,and Matt R.Raven. 1995. "Computer-Administered Surveys in Extension". Joumal of Extension 33 (June). E-Joumal on-line. Melalui <ttp://www.joe.org/june33/95 .html > [06/17/00]

Knox McCulloch, A., Meinzen-Dick, R., & Hazell, P. 1998. Property rights, collective action and technologies for natural resource management: A conceptual framework. CAPRi Working Paper No.1. Washington DC, USA:Intemational Food Policy Research Institute. http://www.capri.cgiar.org/pdf/ca priwp01.pdf.

 (8) Sumber prosiding seminar:

Fay, C., de Foresta, H., & Sirait, M. 1998. Progress towards recognizing the rights and management potentials of local communities in Indonesian statedefined forest areas. Paper presented at the workshop on participatory natural resource management in developing countries, Mansfield College, Oxford, April 6–7.

 (9) Sumber disertasi/tesis:

Zandbergen, P. 1998. Urban watershed assessment: Linking watershed health indicator to management. Ph.D. Thesis. Resource Management and Environmental Studies, University of British Columbia, Vancouver. Satuan, singkatan, nomenklatur, dan lambang

 

 Sitasi/Kutipan

- Running note atau footnote

  • Satuan dan singkatan menggunakan sistem SI (Systeme Intemationale)
  • Nomenklatur nama ilmiah tumbuhan dan hewan ditulis lengkap dengan nama author-nya. Nama ilmiah sesuai dengan aturan nomenklatur harus digunakan pada penulisan yang pertama kali, selanjutnya dapat disingkat sesuai aturan yang berlaku dan atau menggunakan nama daerah.
Penggunaan lambang ditulis sebagai berikut: contoh, lambang alpha ditulis dengan  bukan dengan huruf a.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan artikel dalam jurnal Prosiding KS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) telah menyetujui hal-hal berikut.

 

  1. Hak cipta artikel tetap dimiliki oleh penulis.

 

  1. Penulis memberikan hak penerbitan pertama atas artikel pada jurnal Prosiding KS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dan sekaligus pelisensiannya ke dalam Creative Commons Attribution License ‘lisensi atribusi Creative Commons’ yang mengizinkan pihak lain untuk menggunakan atau mengutip artikel tersebut dengan tetap menyebutkan penulis asli dan terbitan pertama dalam jurnal Prosiding KS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM).

 

  1. Penulis diperbolehkan menerbitkan artikel yang telah diterbitkan jurnal Prosiding KS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) melalui perjanjian kontrak terpisah dalam rangka penyebarluasan non-eksklusif (mis., memasukkannya ke dalam repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan tetap menyebutkan terbitan pertama dalam jurnal Prosiding KS Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM).

 

  1. Penulis diizinkan dan dianjurkan untuk menyebarluaskan karyanya dalam dunia maya (mis., dalam repositori institusi atau laman penulis) sebelum dan selama proses penyerahan dokumen naskah karena dapat mendukung pertukaran yang produktif serta sitasi yang lebih awal dan luas.

 

  1. Setiap artikel yang diterima harus dilampiri dengan Formulir Persetujuan Penyerahan Hak Cipta sebelum penerbitan artikel. Formulir Persetujuan Penyerahan Hak Cipta dapat diunduh di tautan Formulir Copyright.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.