EDUKASI KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT MELALUI PLATFORM DIGITAL

Hery Wibowo, Maulana Irfan, Sahadi Humaedi

Sari


Terjadinya perubahan dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebuah konsekuensi perkembangan jaman yang menjadi bagian dari kehidupannya. Bagi masyarakat yang siap menghadapi berbagai perubahan sosial, tidak akan ada kendala, namun bagi masyarakat yang tidak siap, akan menimbulkan ketidakberfungsian sosial dalam kehidupannya. Jika melihat situasi saat ini, dimana Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir satu  tahun, secara umum tidak ada yang siap dalam menghadapinya. Situasi ini memaksa masyarakat harus menghadapi dan beradaptasi dengan Pandemi Covid-19, meski berbagai sektor kehidupan mengalami keterpurukan baik dari sektor kesehatan maupun perekonomian. Selain kedua sektor tersebut, gangguan terjadi pula pada sektor pendidikan. Meski saat ini kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh  atau metode Daring diterapkan, tetapi secara faktual masih terjadi kendala di lapangan.

Di era saat ini kemampuan untuk melakukan pola hidup dan pola interaksi digital menjadi tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Satu keberuntungan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia saat ini berupa aktifitas keseharian yang telah terbiasa menggunakan tehnologi digital dan kemampuan menggunakan berbagai aplikasi  seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal yang menjadi masalah adalah minimnya pemahaman dan praktik dalam membangun alternatif metode edukasi yang menarik minat bagi warga belajar terutama dalam membangun keberfungsian sosial individu atau masyarakat dalam menjalankan perannya.

Artikel ini memaparkan alternatif platform edukasi keberfungsian sosial dengan skema preventif dan promotif. Program edukasi yang diberikan mencakup upaya untuk membangun pemahaman (kognitif), peningkatan sikap positif (afektif) dan keterampilan (psikomotorik). Saluran penyampaian layanan diberikan melalui platform online, yaitu media video Youtube, media sosial Instagram dan media website.


Kata Kunci


Keberfungsian Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Metode Edukasi, Layanan Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antonio, M. S. (2009). Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager (Vol. XXI). Jakarta, Indonesia: Tazkia Publishing.

Arif, I. S. (2016). Psikologi Positif. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Asifuddin, A. F. (2020). Pendidikan Islam Basis Pembangunan Umat. Karanganyar - Solo: Penerbit Naashirusunnah.

Fajar, Y. S. (2012). Guru Peduli Kesejahteraan Siswa. Dalam Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat (hal. 11-29). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Ismail, A. U. (2006). Perspektif Al Qur'an. Dalam K. (Editor), & Kusmana (Penyunt.), Bunga Rampai Islam dan Kesejahteraan Sosial (hal. 118-162). Jakarta, Indonesia: IAIN Indonesian Social Equity Project.

Jawas, Y. b. (2017). Prinsip Dasar Islam (Vol. cetakan ke-18). Bogor, Jawa Barat, Indonesia: Penerbit At-Takwa.

Kartajaya, H. (2018). Citizen 4.0 (Vol. cetakan ketiga). PT Gramdia Pustaka Utama, Jakarta.

Kasali, R. (2015). Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger? (Vol. Cetakan ke 5). (A. Setiorini, Penyunt.) Bandung, Jawa Barat: Penerbit Mizan.

Kasali, R. (2019). #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham. Bandung: Penerbit Mizan.

Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam (Vol. Cetakan Pertama). Depok, Jawa Barat , Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Notowidagdo, R. (2016). Pengantar Kesejahteraan Sosial: Berwawasan Iman dan Takwa. Jakarta: Penerbit Amzah.

Nurhidayati, T. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang - Jawa Timur: Penerbit Literasi Nusantara.

Nurhidayati, T. (2020). INovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Mulitple Intelligences System. Malang - Jawa Timur: Penerbit Literasi Nusantara.

Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Semarang: Penerbit Genesis.

Savitri, A. (2020). Bonus Demografi 2030. Malang, Jawa Timur: Penerbit Genesis.

Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial (Vol. cetakan keenam). Bandung, Jawa Barat: Penerbit Refika Aditama.

Suwaid, M. N. (2010). Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Penerbit Pro-U Media.

Wibhawa, B. (2019). Filsafat Pekerjaan Sosial (Vol. Cetakan ke dua). Bandung: 2019.

Wibhawa, B., Tri Raharjo, S., & Santoso, M. B. (2019). Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial. Bandung: Penerbit ITB Pres.

Wibhawa, B., Tri Raharjo, S., & Santosso, M. B. (2019). Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial. Bandung, Jawa-Barat: Penerbit ITB Press.

Wibowo, H. (2019). Keberfungsian Sosial. Kolom Opini Surat Kabar Pikiran Rakyat.

Aji, Rizqon Halal Syah. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020)

Barfoed, E. M. (2019). Digital Clients: An Example of People Production in Social Work. Social Inclusion, 7(1), 196–206. https://doi.org/10.17645/si.v7i1.1814

Steyaert, J., & Gould, N. (2009). Social work and the changing face of the digital divide. British Journal of Social Work. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcp022

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2o2o Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.31910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)