AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA

Firda Silvia Pramashela, Hadiyanto Abdul Rachim

Sari


Umumnya penyandang disabilitas masih memiliki stigma negative untuk beberapa masyarakat Indonesia. Penyandang disabilitas juga memiliki kesetaraan hak yang sama dengan warga negara Indonesia yang lain, salah satunya hak mendapatkan pelayanan public. Dengan adanya Pasal 19 mengenai hak pelayanan public, seharusnya penyandang disabilitas memiliki hak atas pelayanan public secara optimal, wajar, bermartabat tanpa diskriminasi.. Namun masih banyak fasilitas public yang diberikan oleh pemerintah tidak mendukung aksesibilitas pelayanan public bagi penyandang disabilitas. Oleh karena itu penting dilakukan kajian tentang aksesibilitas pelayanan publik yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas di berbagai kota di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh kota di Indonesia masih belum optimal dalam aksesibilitas pelayanan public bagi penyandang disabilitas.

 

Generally, people with disabilities still have a negative stigma for some Indonesians. Persons with disabilities also have the same rights as other Indonesian citizens, one of which is the right to get public services. With the existence of Article 19 regarding the right to public services, persons with disabilities should have the right to optimal, fair, dignified public services without discrimination. However, there are still many public facilities provided by the government that do not support the accessibility of public services for persons with disabilities. Therefore, it is important to conduct a study on the accessibility of public services specifically for persons with disabilities in various cities in Indonesia. The method used is a qualitative approach through literature study. The results showed that out of ten cities in Indonesia, the accessibility of public services for persons with disabilities is still not optimal.


Kata Kunci


pelayanan publik, disabilitas, hak, Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

(1) Yuliana, Yeni. (2019). Diskriminasi Terhadap Penyandang Disabilitas Pengguna Jasa Angkutan Udara. Jurnal Nusantara. Vol 6 (3) : 536-547.

(2) WHO. (2011). World Report on Disability. Switzerland: World Health Organization.

(3) Mumpuni, Sesya Dias, Arif Zainudin. (2017). Aksesbilitas Penyandang Disabilitas dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Tegal. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 1(2): 133-138.

(4) Nilda Mutia, Yanis Rinaldi. (2017). Pelaksanaan Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Banda Aceh. JIM Bidang Hukum Kenegaraan. Vol 1(1): 55-66.

(5) Zed, Mustika. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

(6) Pasciana, Roestiana. (2020). Pelayanan Publik Inovatif Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Kasus di Kabupaten Garut). Jurnal Sawala Administrasi Negara. Vol 8(2): 194-204.

(7) Mayarni, Nur Laila Meilani, dan Zulkarnaini. (2018). Kualitas Pelayanan Publik bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik. Vol 9(1): 11-18.

(8) Besse Fatmawati, Naldi Gantika, Zennis Helen. (2018). Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Padang. UNES Journal of Social and Economics Research (UJSER). Vol. 3(2): 170-177.

(9) Jane Kartika Propiona. (2021). Implementasi Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol 10 : 1-18.

(10) Slamet Thohari. (2014). Pandangan Disabilitas dan Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang. Indonesian Journal of Disability Studies. Vol 1(1): 27-37.

(11) Joni Dawud, Siti Widharetno Mursalim, Endah Tri Anomsari, Nur Imam Taufik. Strategi Perwujudan Kota Bandung Sebagai Kota Ramah Penyandang Disabilitas: Sebuah Perspektif Aksesibilitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Negara. Vol 25(2): 141-159.

(12) Sugi Rahayu, Utami Dewi dan Marita Ahdiyana. 2013. Pelayanan Publik Bidang Transportasi bagi Difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Socia. Vol 10(2):108-119.

(13) Lelly Nuraviva. (2017). Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Pelayanan Publik di Kota Surakarta. Journal of Politic and Government Studies. Vol 7(1): 1-1




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.33529

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)  

https://mesin.poltekharber.ac.id/assets/toto/ https://mesin.poltekharber.ac.id/demo-slot/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/usutoto/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/xdemo/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slothoki/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/usutoto/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slot88/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/akurat77/ https://appem.kuningankab.go.id/toto-slot/ https://appem.kuningankab.go.id/toto4d/ https://appem.kuningankab.go.id/slot777/ https://appem.kuningankab.go.id/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slothoki/
https://www.store.smkind-mm2100.sch.id/ sule slot situs slot toto slot https://edatabase.dpmptsp.riau.go.id/demo/ https://www.kideco.co.id/wp-content/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slot-gacor/index.html slot online https://appem.kuningankab.go.id/public/s-demo/ https://igtc-indo.or.id/xgaming/ slot online gacor https://simanis.jayawijayakab.go.id/vendor/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/xgaming/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/raffi/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/sule/