COGNITIVE RESTRUCTURING FORM UNTUK MENGATASI MASALAH KOGNITIF PADA INDIVIDU DI FASE DEWASA MUDA

Muthia Dwi Candtika, Meilanny Budiarti Santoso

Sari


Fase dewasa muda merupakan fase paling produktif yang dialami dalam kedupan seriap individu. Individu pada fase dewasa muda cenderung akan mulai memiliki ambisi, impian, dan keinginan.  Pada fase ini juga kerap kali individu yang berada pada fase muda juga mulai mendapatkan tuntutan dari orang lain dan lingkungan disekitarnya, tidak jarang individu difase dewasa muda mengalami kelelahan, baik secara fisik maupun secara mental. Salah satu faktor penyebab Kecemasan yang timbul karena faktor psikologis yaitu sepeti kognitif dan perilaku. Karena terkadang individu berprilaku melebih-lebihkan apa yang ada dipikirannya sehingga menyebabkan perasaan takut dan cemas. Penggunaan treatment Cognitive restructuring form merupakan metode yang digunakan dengan tujuan untuk membiasakan klien dalam mengubah pikiran negatifnya menjadi pikiran alternative yang lebih positif.Kecemasan yang dialami klien, membuat dirinya selalu berlebihan dalam cara berfikir, artinya pola fikir yang dialmai klien terganganggu. Klien dengan masalah kognitifnya diberikan treatment oleh terapis untuk mengatasi masalah kecemasan dan fikiran yang negatifnya menggunakan metode Cognitive Restructuring. Metode yang dilakukan menupakan metode yang dibantu dengan kolom yang kemudian diisikan oleh klien. Kolom merupakan kejadian yang sebenarnya dilakukan oleh klien kemudian menjadi catatan bagi klien. Terdapat skor emosi awal yang diberikan klien ketika terjadi masalah, kemudian mencatat pikiran otomastis apa yang dapat menimbulkan emosi terhadap klien. Hal ini ditujukan untuk melatih klien agar klien bisa mengolah pola pikir yang negatif menjadi pola pikir yang lebih positif. Dan dengan dilakukannya intervensini klien merasakan perubahan yang signifikan dalam melatih pola pikirnya.Praktikan berharap dengan terkelolanya pola pikir negatif klien, dapat terlaksana dengan baik masa dewasa muda sang klien.  

Kata Kunci


masalah Kognitif, Cognitive restructuring, Dewasa muda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saman, A., Aryani, F., Bahktiar, M.I. (2017). MENGATASI KECEMASAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL REHEASAL. Seminar Nasional Dies Natalis ke 56, Makassar : 09 Juli 2017

Burns, D.D. (1988). Terapi kognitif. Pendekatan Bagi Penanganan Depresi (terjemah oleh santosa). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Correy. G (2005). Teori Praktek Konseling dan psikoterapi: Terjeman oleh: E. Koeswara. Bandung; PT. Refika Aditama.

Goldfried, M.R. and Davison, G.C. 1976. Clinical Behavior Therapy. New York: Holt Rinehart and Winston.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.33675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)