ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KUALITAS PELAYANAN PROGRAM SENTRA INDUSTRI BUKIT ASAM (SIBA) BOKASHI PT BUKIT ASAM, TBK. (PTBA)

Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, Faris Harsen, Mustafa Kamal

Sari


 

ABSTRAK

Tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) menjadi salah satu upaya perusahaan dalam membuat perubahan bagi masyarakat, melalui program CSR perusahaan dapat membangun hubungan sosial kepada masyarakat sehingga perusahaan memiliki legitimasi yang baik. PT Bukit Asam melalui program CSR SIBA Bokashi bermaksud memberdayakan masyarakat melalui kegiatan industry kreatif dengan memanfaatkan limbah organik menjadi sebuah pupuk bokashi. Sebagai salah satu pihak yang melakukan pelayanan publik melalui program SIBA Bokashi, tentunya perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang dilakukan terhadap masyarakat penerima program. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan masyarakat atas aktivitas tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan dan mengukur pencapaian manfaat yang telah diterima, serta memberikan peluang bagi masyarakat untuk memberikan penilaian yang objektif mengenai perkembangan pelaksanaan program CSR PTBA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap program yang dilaksanakan. Hasil keseluruhan IKM berada pada interval 3.335 dan berdasarkan tabel interval dalam Permen PAN RB No. 14 Tahun 2017 mengenai Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat, maka mutu program CSR SIBA Bokashi dalam kategori B dengan nilai konversi 83.37, ini menandakan bahwa kinerja program CSR SIBA Bokashi berada pada kategori sangat baik. Capaian nilai IKM yang telah didapatkan tersebut menunjukkan pelayanan yang sangat baik karena berbagai indikator penyusunnya dapat dicapai secara keseluruhan mulai dari kepastian waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan, tanggung jawab, kelengkapan, dan kemudahan mendapatkan pelayanan.

 

Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Program CSR, Kualitas Pelayanan

 

ABSTRACT

Corporate social responsibility (CSR) is one of the company's efforts to make changes in society, through CSR programs companies can build social relations with the community so that companies have good legitimacy. PT Bukit Asam through the SIBA Bokashi CSR program intends to empower the community through creative industry activities by utilizing organic waste to become bokashi fertilizer. As one of the parties that perform public services through the SIBA Bokashi program, of course, it is necessary to evaluate the services provided to the community receiving the program. The purpose of this study was to measure the level of community satisfaction with social responsibility activities carried out by the company and to measure the achievement of the benefits that have been received, as well as to provide an opportunity for the community to provide an objective assessment of the development of PTBA's CSR program implementation. The method used in this study is a descriptive quantitative approach to explain the community satisfaction index (IKM) for the implemented program. The overall results of IKM are at intervals of 3,335 and based on the interval table in Permen PAN RB No. 14 of 2017 concerning Guidelines for Compiling a Community Satisfaction Survey, the quality of the SIBA Bokashi CSR program is in category B with a conversion value of 83.37, this indicates that the performance of the SIBA Bokashi CSR program is in the very good category. The achievement of IKM score that has been obtained shows very good service because the various constituent indicators can be achieved as a whole starting from the certainty of service time, service accuracy, politeness and friendliness, responsibility, completeness, and ease of getting service.

 


Kata Kunci


Kepuasan Masyarakat, Program CSR, Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berampu, A. C., & Agusta, I. (2015). Manfaat Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah. Jurnal Penyuluhan, 11(2). https://doi.org/10/25015/penyuluhan.v11i2.10575

Blowfield, M. and J.G. Frynas. 2005. “Setting new agendas - critical perspectives on corporate social responsibility in the developing world”. International Affairs 81(3):499-513.

Gronroos, C. (2002). Service Management and Marketing (Third). John Wiley. & Sons, Ltd.

Gasperz, Vincent. (1997). Manajemen Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Lewis, R.C. & Booms, B.H. (1983. The Marketing Aspects of Services Quality in Emerging Perspectives on Sevices Marketing. Chicago: AMA.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model Service Its Quality and Implications for Future Research. Research Paper, 49(4), 41–50.

PERMENPAN RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. (2017).

Rindawati, M.W. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Surabaya: Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Siregar, C. (2007). Analisis Sosiologis Terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 6(12), 285-288.

Sutowo. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dan Manfaat Ekonomi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Chevron Geothermal Salak, Ltd. Bidang Ekonomi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. IPB Repsitory.

Widodo, W.E., Cholidah, S.N., Isnaeni, A.P., Wibowo, K.T., & Abriandi, E. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Pada Program CSR di Desa Kertajaya: Sebuah Analisis Menggunakan Metode Sustainability Compass. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1), 29-52.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.46565

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)