Online Submissions

Already have a Username/Password for CosmoGov?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Naskah diketik dengan Microsoft Word dalam huruf Times New Roman, ukuran 12 point, dengan spasi 1,15, margin atas, kanan dan bawah 3 serta margin kiri 4, dicetak pada kertas A4 minimum 3000 kata (12 hal) dan maksimum 7000 kata (25 hal). Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris

2. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan untuk artikel hasil penelitian adalah sumber-sumber primer berupa jurnal dan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan/atau disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

3. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan dengan sistem APA (nama, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Held, 2004:88).

4. Daftar rujuan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis sebagai berikut:

Pengarang Tunggal

Held, David, 2004. Democracy and the Global Order: From the Modern State to Cosmopolitan Governance, Oxford: Marston Book Services Ltd.

Pengarang Bersama

Haferkamp, Hans & Neil J. Smelser, 1992. Social Change and Modernity, Berkeley: University of California Press.

Editor atau Penyunting

Koentjaraningrat (ed). 1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Terjemahan

Lauer, Robert H., 1993. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Terjemahan Alimandan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bab dalam Buku

Fleishman, L.A. 1973. “Twenty Years of Consideration and Structure”. Dalam Fleishman, I.A. & J.G. Hunt (ed.), Current Development in the Study of Leadership:  Selected Reading, hlm. 1-37. Carbondale: Southern Illinois University Press.

Jurnal

Persoon, G.A. 2002. “Isolated Islanders or Indigenous People: the Political Discourse and its Effects on Siberut (Mentawai Archipelago, West-Sumatra)”. Antropologi Indonesia 68(2): 25-39.

Artikel dalam Koran:

Pitunov, B., 13 Desember 2002. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

Tulisan/Berita dalam Koran (tanpa nama pengarang):

Pikiran Rakyat. 26 November, 1988. Pemerintahan Adat Kampung Naga, hlm. 5.

Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Hanapiah, Pipin, 2012. Perubahan Politik Golongan Karya: Studi Interaksi Pengurus Partai Golkar Kota Bandung di Era Reformasi. Tesis tidak Diterbitkan, Bandung: Program Pascasarjana FISIP UNPAD.

Makalah Seminar, Lokakarya, Penataran:

Waseco, M.G., 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah Disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.

Internet:

Boon, J. (tanpa tahun). Anthropology of Religion. Diakses 5 Oktober 2003 dari http://www.indiana.edu/-wanthro/religion.htm

Internet (Bahan Diskusi):

Wilson, D. Diakses 22 November 1995 dari Sumary of Citing Internet Sites. Nettrain Discussion List, <NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu>

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah harus original dan bebas dari unsur plagiat, belum pernah dipublikasikan atau sedang diajukan ke jurnal yang lain
  2. Naskah dalam bentuk OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect document file format
  3. Naskah diketik dengan Microsoft Word dalam huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,15, margin atas, kanan dan bawah 3 serta margin kiri 4
  4. Panjang Naskah minimal 3000 kata (sekitar 12 halaman) dan maksimal 9000 kata (sekitar 25 halaman) sudah termasuk gambar, grafik/ tabel (jika ada) dan daftar pustaka yang menyertainya.
  5. Naskah dikirim melalui online submission Jurnal CosmoGov
  6. Naskah yang masuk ke redaksi diproses blind review oleh mitra bebestari setelah direview oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.
 

Copyright Notice

Penulis yang berkeinginan mempublikasikan artikel di jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Privacy Statement

Seluruh nama dan alamat email yang diimasukkan ke dalam jurnal ini akan dipergunakan hanya untuk keperluan yang ada didalam jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain diluar keperluan jurnal.