STRATEGI MANAJEMEN REDAKSI MAJALAH MINGGUAN MANGLE DI ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi Mangle sebelum dan sesudah mengeluarkan portal online. Kemudian untuk mencari tahu apa tujuan dan ekspektasi dari pembuatan portal online, serta mengetahui strategi yang dilakukan Mangle dalam beradaptasi di era digital lewat media onlinenya tersebut. Penelititan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen redaksi Mangle sebelum portal online berjalan cukup efektif. Setelah kemunculannya, alur kerja redaksi mengalami perubahan yang disebabkan pengorganisasian yang kurang matang di awal pelaksanaanya. Temuan kedua tujuan dan ekspektasi Mangle terhadap portal online awalnya hanya menjangkau pembaca di luar Indonesia agar pembaca bisa menikmati Mangle meski tidak berada di area distribusinya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak keinginan lain yang ingin dicapai melalui portal onlinenya karena mereka menyadari fungsi media online yang lebih dari media promosi. Temuan ketiga strategi yang dilakukan Mangle dapat dikatakan belum memenuhi standar. Hal ini terlihat dari kontennya yang tidak diperbarui secara berkala, akibat banyak aktivitas strategi manajemen media yang tidak dilaksanakan.
Kata kunci: manajemen media, strategi manajemen media, media baru
Full Text:
PDFReferences
Albaran, A.B. (2005). Handbook of Media Management and Economics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Berger, A.A. (1995). Essentials of Mass Communication Theory. London: Sage Publication Inc
Lister, M. (2003). New Media: A Critical Introduction Second Edition. New York: Routledge
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Prenada Media Group
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Porter, M. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
Purwanto, I. (2012). Manajemen Strategi. Bandung: Penerbit Yrama Widya
Siapera, E. dan Andreas, V. (2012). The Handbook of Global Online
Journalism. UK: John Wiley & Sons, Inc
Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju
Suprapto, T. (2006). Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta : Media Pressindo.
Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
West, R., dan Lynn H. T. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Wineu, W. (2012). Perkembangan Majalah Mangle di Bandung (1998-2012), (skripsi), Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v2i1.21071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: