MANAJEMEN PRODUK MEDIA KOMPAS.COM UNTUK BERSAING DI ERA GENERASI MILENIAL
Abstract
Kompas.com merupakan salah satu pionir media online yang masih eksis hingga kini. Daya saing yang tinggi ditunjukkan oleh media ini, dengan menempati peringkat keempat media online yang paling banyak dibaca di Indonesia berdasarkan data Alexa pada September 2018. Pembaca milenial dewasa (rentang usia 25-34 tahun) merupakan pembaca Kompas.com dengan persentase terbesar (38%) pada tahun 2017 dan diikuti oleh milenial muda (18-24 tahun) sebesar 28%. Guna mempertahankan eksistensinya, Kompas.com harus mampu memenuhi kebutuhan generasi milenial. Kemampuan manajemen produk media dibutuhkan untuk menjawab ragam kebutuhan tersebut. Kompas.com melakukannya dengan menciptakan sinergi antara penentuan format, kualitas, harga, dan pengaruh konten. Manajemen produk media Kompas.com juga ditunjang oleh bagian redaksi Kompas.com yang menganut Popular-High Quality Journalism serta bagian pemasaran Kompas.com yang memberlakukan kerangka model bisnis konsumen-sentris.
Kata kunci : Kompas.com, milenial, manajemen produk media, media online
Full Text:
PDFReferences
Albarran, A. B. (2006). Handbook Of Media Management And Economics . London: Lawrence Erlbaum Associates.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, D. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Putra, Y. S. 2016. Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi (Skripsi). Salatiga: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AMA".
Reca, A. A. (2006). Issues in Media Product Management-Handbook Of Media Management And Economics. London: Erlbaum Associates.
Strauss, W., & Howe, N. 1991. Generations; The History of America's Future 1584-2069. New York: William Morrow & Company.
Strauss, W., & Howe, N. 2000. Millennials Rising: The Next Great Generation Vintage. New York: Vintage.
Yin, R. K. 2015. Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v2i1.21074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: