Manajemen Strategi Redaksi Dan Bisnis Koran Olahraga Topskor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online Di Era Konvergensi Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Harian Topskor memetakan pesaing mereka dan bagaimana penerapan manajemen strategi redaksi dan bisnis Harian Topskor. Diulas berdasarkan alasan Redaksi Harian Topskor tetap bertahan dalam platform koran dan berdasarkan pola bisnis Topskor berdasarkan model bisnis kanvas. Untuk menguraikannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatoris model Robert K. Yin.
Hasil penelitian menunjukan, secara redaksional Harian Topskor punya cara dalam menghadapi persaingan dengan media online, yaitu membuat tulisan indepth berupaberita atau analisis pertandingan disertai data dan infografis. Semuanya dilakukan atau diatur lewat manajemen redaksi agar kualitas konten dapat dipertahankan. Secara bisnis, Topskor punya empat pemasukan di antaranya lewat penjualan koran, iklan, rubrikasi, dan aktivasi. Namun, secara tidak langsung, strategi-strategi tersebut sudah banyak dipraktikan juga oleh media online.Simpulan dari penelitian ini adalah strategi redaksi dan bisnis Harian Topskor turut diterapkan juga oleh media online. Kecepatan informasi di media online sulit ditandingi oleh media cetak karena sifatnya yang periodik. Dalam hal bisnis, media online juga melakukan hal yang sama dengan membuat kerja sama iklan dan event.Peneliti menyarankan koran Topskor segera konvergensi media, Harian Topskor dapat menciptakan inovasi konten di koran dan Topskor.id. Selain itu, tim marketing Topskor dapat membuka pintu bisnis lain agar perusahaan tidak bertumpu dari pengiklan yang membuat rubrikasi dan event sebagai pemasukan, contohnya membuat Topskor.id dan sosial media Topskor sebagai pintu pemasukan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlina. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Biagi, Shirley. (2013). Media/Impact An Introduction to Mas Media Tenth Edition. Boston: Wadsworth.
Diyah, Ramitasari. (2010). Potret Manajemen Media di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Djuroto, Totok. (2004). Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fink, Conrad C. (1998). Strategic Newspaper Manajement. New York: Random
Hae, Nur Zaen, Rusdi Marpaung dan Hawe Setiawan. (2000). Konflik Multikultural Panduan Meliputi Bagi Jurnalis. Jakarta: Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) bekerjasama dengan The Asia Foundation dari USAID.
Hasibuan, Malayu S.P. (2008)Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Buki Aksara.
Hunger, David J. dan Thomas L. (1996). Wheelen. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi
Kartikawangi, Dorien. (2013). Strategi Komunikasi Bisnis PerusahaanMultinasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Indeks
Kovach, B., & Rosentiel. T. (2006). Sembilan Elemen Jurlatisme. Jakarta: Yayasan Pantau, ISAI, dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
Kusumaningrat, Hikmat, dan Purnama Kusumaningrat. (2005). Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Rosda
Leivrouw, Leah A. & Sonia Livingstone. (2006). Handbook of New Media. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication Ltd.
Liliweri, Alo. (1991). Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Littlejohn, S. W., & Fross, K. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, J Lexy, Prof. Dr. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Ketiga.Jakarta: Salemba Empat.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja
Osterwalder, A., and Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: Hoboken.
Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi. Malang:Intrans Publishing.
Purwanto, Iwan. (2012). Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya
Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Romli, Asep Syamsul M. (2012). Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendikia Rosdakarya.
Santana, Septiawan K. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Santana, Septiawan K. (2007). Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Severin W. J., & Tankard Jr., J. W. (2011). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terpaan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana. .
Siagian, Sondang P. (2000). Manajemen Strategik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Stoner, A.F. (1996). Manajemen: Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sumandiria, AS Haris. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ward, Mike. (2002). Journalism Online. Oxford: Focal Press.
Yin, Robert K.(2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasbi, Sirajjudin. (2014). “Jejak Sepakbola Dalam Media”. Pindai.org.
Prarstya, Nayarana Mahendra. (2014). “Geliat Surat Kabar Harian Olahraga di Indonesia”. Jurnal Komunikator, Vol 6, 45-58.
Irwansyah, Ahmad Prasetyadi. (2014). “Sejarah Konvergensi Media dalam Konteks Keindonesiaan”. Jurnal Komunikasi Universitas Indonesia.
Nugraha, Rahmadya Putra. (2012). “New Media and Society”. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
http://fandom.id/feature/kultur/karena-sepak-bola-adalah-budaya-populer-yang-paling-populer/, diakses pada 30 Oktober 2018 pukul 14.20 WIB
http://wartakota.tribunnews.com/2017/12/27/wartawan-koran-olaharga-hina-ustaz-abdul-somad-dipecat-setelah-itu-ini-yang-dia-tulis-lewat-twitter, diakses pada tanggal 2 November 2018 pukul 15.31 WIB
https://www.digitalnewsasia.com/tags/mobile-browser-satisfactory-index-survey, diakses pada 9 Agustus 2018 pukul 01.00 WIB
https://www.goal.com/id/berita/resmi-cristiano-ronaldo-hijrah-kejuventus/1pwdlozqkboqs1xe39h2me6iyz diakses pada 26 Oktober 2018 pukul 10.31 WIB
https://www.indosport.com/sepakbola/20180527/keseruan-acara-nobar-final-liga-champions-bareng-indosport?image=12 diakses pada 2 November 2018 pukul 13.15 WIB
https://www.liputan6.com/bola/read/3586190/pemenang-dan-pecundang-terkait-kepindahan-cristiano-ronaldo-ke-juventus, diakses pada 26 Oktober 2018 pukul 13.14 WIB
https://www.merdeka.com/peristiwa/harian-bola-tutup-diganti-mingguan-bola-sabtu.html, diakses pada 23 Mei 2018 pukul 11:45
https://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA.html, diakses pada 2 November 2018 pada pukul 11.12 WIB
https://www.panditfootball.com/analisa-pertandingan/211697/ANS/180711/menanti-kebangkitan-serie-a-setelah-ronaldo-ke-juventus, diakses pada 2 November 2018 pada 19.10 WIB
https://www.topskor.id/detail/77753/Nobar-Final-Piala-Dunia-2018-di-Kemenpora-Berlangsung-Meriah, diakses pada 2 November 2018 pukul 18.31 WIB
https://www.topskor.id/page/index/6/Tentang-Kami, diakses pada 28 Mei 2018 pukul 14.08 WIB
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: