Penerapan Model MonetisasiContent Creation Pada Vice Indonesia
Abstract
Model monetisasi content creation adalah salah satu cara dalam memperoleh pemasukan yang dilakukan dengan mengemas pesan komersial menjadi konten yang menarik dan dapat dinikmati. VICE Indonesia menjadi salah satu media massa yang menggunakan model monetisasi content creation pada konten komersialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model monetisasi content creation yang dilakukan oleh VICE Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VICE Indonesia menerapkan model monetisasi content creation berdasarkan pedoman internal dari VICE New York, mengikuti karakteristik segmentasi milenial, perubahan persepsi perusahaan mitra kerja sama. VICE Indonesia melakukan proses penerapan model monetisasi content creation dalam dua tahapan, yaitu proses penjualan yang terbagi menjadi pre-sales, sales, dan post-sales serta proses produksi konten yang terdiri dari tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Kesepakatan yang terjadi pada proses penjualan mempengaruhi aktivitas yang dilakukan pada proses produksi konten. Keberadaan model monetisasi content creation mengimplikasi aspek jurnalistik berupa usaha VICE Indonesia untuk menyesuaikan prinsip dan etika jurnalistik dan implikasi pada aspek bisnis di mana model monetisasi content creation menjadi sumber pemasukan terbesar VICE Indonesia untuk memenuhi kebutuhan operasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David Perell. “Models of Internet Monetization”. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 2016, Vol.7, No.1.
Eric K. Clemons (2009) Business Models for Monetizing Internet Applications and Web Sites: Experience, Theory, and Predictions, Journal of Management Information Systems, 26:2, 15-41
Harsono, Andreas. 2010. Agama Saya Adalah Jurnalisme. Yogyakarta: Kanisius.
Herry Fahrul Rizal. “5 Model Bisnis Media Online di Indonesia”.https://id.techinasia.com/model-bisnis-media-online-indonesia/amp/?__twitter_ impression=true (diakses pada 13 Juli 2018 pukul 20:16WIB)
Kansong, Usman. 2009. Ekonomi Media: Pengantar Konsep dan Aplikasi.Bogor: Ghalia Indonesia.
Kode Etik Jurnalistik Dewan Pers Tahun 2006
Kovach, Bill dan Tom Rosenstiel. 2001. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Yayasan Pantau.
Kung, Lucy. 2017. Strategic Management in the Media. UK: SAGE.
Lieb, Rebecca. 2011. Content Marketing: Think Like a Publisher --- How to Use Content to Market Online and in Social Media. USA: Que Publishing.
McQuail, Denis. 2000. Mass Communication Theory. London: SAGE Publications.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication: Rethinking and Renewal. London: Sage Publication.
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Picard, Robert G. 2004. Strategic Responses to Media Market Change. Sweden: International Business School.
Pedoman Pemberitaan Media Siber Tahun 2012
Pulizzi, Joe dan Newt Barrett. 2009. Get Content Get Costumers. USA: McGraw Hills.
Rayburn, Day and Michael Hoch. 2005. The Business of Streaming and Digital Media. USE: Elsevier.
Randi Eka. 2016. “Media Muda VICE Hadir di Indonesia untuk Ekspansi Pertamanya di Asia Tenggara” https://dailysocial.id/post/media-muda-VICE-hadir-di-indonesia-untuk-ekspansi-pertamanya -di-asia-tenggara, (diakses pada 15 September 2018, 21:00)Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Rosa, Maria De dan Marilyn Burgess. 2014. Monetizing Digital Media: Trends, Key Insights, and Strategies that Work. Canada: Canada Media Fund.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stake, Robert. 1994. Case Studies, dalam Denzin dan Lincoln (ed) Handbook of Qualitatives Research, Sage Publication. Thousand Oaks, London.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999
Wahl-Jorgensen K. dan Hanitzch T. 2009. Handbook of Journalism Studies. New York: Rotledge.
Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v2i2.21360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: