Pemanfaatan Insta Story Dalam Aktivitas Jurnalistik Oleh Majalah Gadis
Abstract
Dalam prosesnya mediamorfosis telah melahirkan teknologi-teknologi baru yang dapat dimanfaatkan manusia dalam bidang komunikasi. Fitur Insta Story dalam media sosial Instagrammerupakan salah satu hasil perkembangan teknologi komunikasi. Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh fitur ini kemudian mulai digunakan salah satunya pada bidang media. Majalah GADIS merupakan salah satu media massa yang aktif menggunakan fitur Insta Story pada akun Instagrammereka untuk aktivitas jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fitur Insta Story dalam aktivitas jurnalistik oleh Majalah GADIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan Majalah GADIS memanfaatkan fitur Insta Story dalam aktivitas jurnalistiknya adalah kesesuaian dengan target khalayak, mudah diakses, dan efektif. Fitur Insta Story dimanfaatkan oleh Majalah GADIS untuk melakukan tiga hal yaitu; sebagai media pelaporan, sebagai alat distribusi informasi; dan sebagai wadah interaksi dengan khalayak. Implikasi pemanfaatan fitur Insta Story bagi Majalah GADIS adalah sebagai teknologi yang efisien dan efektif, komunikasi dengan khalayak lebih mudah, peningkatan jumlah kunjungan menjadi nilai tambah pada segi bisnis, sebagai bahan evaluasi mengenai konten, serta membuktikan kredibilitas Majalah GADIS sebagai sebuah media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2018). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Teknopreneur, 2018(31 August 2018), Hasil Survey.
Bijker, W. E., Hughes, T. P., & Pinch, T. (1993). The Social Construction of Technological Systems: New Directions in the Sociology and History of Technology. In The Social Constructions of Technological Systems.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An Introduction to theory and methods. In Qualitative research for education: An Introduction to theory and methods (5th Editio). Pearson.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana. https://doi.org/10.1002/jcc.21776
Kawamoto, K. (2003). Journalism digital: emerging media and the changing horizons of journalism. In Journalism digital: emerging media and the changing horizons of journalism (pp. 1–29).
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya (Revision). https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Sumadiria, H. (2010). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tassel, J. Van, & Poe-Howfield, L. (2010). Managing Electronic Media: Making, Marketing, and Moving Digital Content. In Taylor & Francis (1st Editio). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tempo.co. (2017, July). 45 Juta Pengguna Instagram, Indonesia Pasar Terbesar di Asia.
Tirto.id. (2017, April). Selamat Tinggal Generasi Milenial, Selamat Datang Generasi Z. Tirto.Id.
Usman, K. (2009). Ekonomi Media Pengantar Konsep dan Aplikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: