http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
Penerapan Pagar Api pada Female Daily Network | Manik | Jurnal Kajian Jurnalisme

Penerapan Pagar Api pada Female Daily Network

Cristine Manik, Henny Sri Mulyani, Ika Merdekawati Kusmayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi advertorial pada website dan YouTube media gaya hidup Female Daily Network, apa kebijakan yang diterapkan untuk mengatur iklan, dan bagaimana prinsip pagar api diterapkan pada konten advertorial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya pertumbuhan iklan internet di Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik Robert E. Stake. Peneliti menggunakan studi kasus intrinsik karena terdapat keunikan yang jelas mengenai cara Female Daily Network memproduksi iklan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen kualitatif, materi audiovisual, studi literatur, dan penelusuran data online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Female Daily Network memproduksi advertorial dalam dua tahap, yaitu proses penjualan dan proses produksi (running campaign). Female Daily Network tidak memiliki ketentuan yang ketat dalam penerimaan kerja sama iklan sehingga harus selalu melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan calon pengiklan. Tim redaksi bertugas untuk menulis editorial dan advertorial. Negosiasi dengan pengiklan mempengaruhi aktivitas jurnalistik hingga menimbulkan bias batasan antara advertorial dan editorial di Female Daily Network, meskipun prinsip pagar api mulai diterapkan. Peneliti menyarankan agar Female Daily Network memperjelas batasan pagar api antara editorial dan advertorial dengan cara membuat segmen khusus untuk video advertorial dan kanal khusus untuk artikel; memisahkan alur kerja sumber daya manusianya; dan mengatur kebijakan mengiklan yang tegas terhadap pengiklan.

Keywords


jurnalisme; female daily network; advertorial; pagar api; media gaya hidup

References


Alfarabi. (2010). Kajian komunikasi kritis terhadap ekonomi politik media. Jurnal IDEA FISIPOL UMB, 4(17), 1–4. Diakses dari http://repository.unib.ac.id/571/

Baran, S. J. (2011). Pengantar komunikasi massa: Literasi media dan budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Basen, I. (2012). Breaking down the wall. Diakses pada June 30, 2020, dari https://ethics.journalism.wisc.edu/2012/12/19/breaking-down-the-wall/

Dewan Periklanan Indonesia. (2020). Etika pariwara Indonesia amandemen 2020. Jakarta.

Dewan Pers. (2012). Pedoman pemberitaan media siber. Jakarta. Diakses dari https://dewanpers.or.id/assets/documents/pedoman/1907090253_-2012_PEDOMAN_PEMBERITAAN_MEDIA_SIBER.pdf

Dharker, A., Herman, E. S., & McChesney, R. W. (1998). The global media: The new missionaries of corporate capitalism. Foreign Policy, (111), 132–135. https://doi.org/10.2307/1149383

Female Daily Network. (2018). Female daily network’s history.

Harsono, A. (2010). Agama saya adalah jurnalisme. Yogyakarta: Kanisius.

Holmes, D. (2009). New media theory. In Encyclopedia of Communication Theory. (p. 684). SAGE Publications Ltd.

Ibrahim, I. S. (2007). Budaya populer sebagai komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Jones, S. (2007). Routledge critical thinkers: Antonio gramsci. (R. Eaglestone, Ed.). London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203625521

Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2007). Elements of journalism. New York: Crown Publishers.

Lamalo, A. A. (2013). Penerapan prinsip firewall di Harian Manado Post (on the application of firewall principle in Manado Post Daily). Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 19. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2875/2426

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Kelly, K., & Grant, I. (2009). New media: a critical introduction (2nd ed.). London: Routledge. Diakses dari http://www.philol.msu.ru/~discours/images/stories/speckurs/New_media.pdf

McQuail, D. (2010). McQuail’s mass communication theory. London: SAGE Publications Ltd.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada.

Morissan. (2014). Teori komunikasi individu hingga massa. Jakarta: Kencana.

Mosco, V. (2009). The political economy of communication. London: SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446279946

Murdock, G., & Golding, P. (1997). The political economy of the media. UK: Edward Elgar Publishing.

Nabila, M. (2017). PwC: Media internet diprediksi kuasai 20% porsi iklan Indonesia tahun 2021. Diakses pada June 30, 2020, dari https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2017/indonesian/pwc--media-internet-diprediksi-kuasai-20--porsi-iklan-indonesia-.html

Nasrullah, J. (2020). Breaking down “Firewall“ among public relations and journalism. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 86–97. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.3957

Neumann, W. L. (2003). Social research methods: Qualitative and quantitative approach. Boston: Allyn and Bacon.

Nielsen. (2016). Pertumbuhan belanja iklan menunjukkan arah positif. Diakses pada June 4, 2020, dari https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2016/pertumbuhan-belanja-iklan-menunjukkan-arah-positif/

Ochell. (2019). Haircare routine untuk rambut rusak & dicat ala ochell. Diakses dari https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/07/23/haircare-routine-untuk-rambut-rusak-dicat-ala-ochell/haircare-routine-untuk-rambut-rusak-dicat-ala-ochell/

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik online: Panduan praktis mengelola media online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Santana, S. (2017). Jurnalistik kontemporer (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Stake, R. (2005). Case Studies, dalam Denzin dan Lincoln (ed) Handbook of Qualitatives Research. London: SAGE Publications Ltd.

Subiakto, H., & Ida, R. (2012). Komunikasi politk, media, dan demokrasi. Bandung: Kencana.

Sumadiria, H. (2014). Bahasa jurnalistik: Panduan praktis penulis dan jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Yin, R. K. (2014). Studi kasus desain dan metode. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v4i2.27156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kajian Jurnalisme Indexed by: 

150 150 130

 150 

 

Editorial Office of Kajian Jurnalisme:

Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363

Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122



Kajian Jurnalisme Supervised by:

View My Stats

http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/