http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
Komodifikasi Wacana Islami pada Pemberitaan Media Cetak Harian Fajar | Hilmiyah | Jurnal Kajian Jurnalisme

Komodifikasi Wacana Islami pada Pemberitaan Media Cetak Harian Fajar

Mifda Hilmiyah, Nursafika Nursafika

Abstract


Media cetak Harian Fajar memuat konten-konten Islami di dalam pemberitaannya untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat yang mayoritas beragam Islam. Namun, setiap elemen dalam struktur redaksi memiliki kepentingan. Adanya kepentingan ini membuat pemberitaan menjadi fakta yang tidak bebas nilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan konten Islami yang dikemas dalam pemberitaan serta mengetahui ideologi yang memengaruhi konstruksi pemberitaan di Harian Fajar. Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis model van Leewen yang menampilkan exclusion dan inclusion. Pertama, exclusion berupa pasivasi, nominalisasi dan penggantian anak kalimat. Kedua, inclusion yaitu memasukkan informasi sebagai strategi merepresentasikan individu ataupun kelompok berupa, diferensiasi-indeferensiasi, objektivasi-abstraksi, nominasi-kategorisasi, nominasi-identifikasi, determinasi-indeterminasi, asimilasi-individualisasi, dan asosiasi-disasosiasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemaknaan teks Harian Fajarmemiliki ideologi ekonomi, kekuasaan dan aqidah. Ideologi ekonomi terkait dengan konstruksi iklan di Harian Fajar menjadi sebuah pemberitaan. Harian Fajar mempertimbangkan nilai-nilai berita, yaitu menarik, kebaruan, dan penting bagi masyarakat sesuai interpretasi jurnalis. Redaksi Harian Fajar mengkonstruksi terkait akidah. Harian Fajar juga menyediakan informasi dengan tema-tema Islami bukan hanya untuk berdakwah kepada pembaca tetapi, meningkatkan loyalitas pembaca. Media memiliki kekuasaan memproduksi kelas melalui konten-konten yang menarik perhatian masyarakat.Secara keseluruhan, hasil teks dalam penelitian ini akan mengarah pada komodifikasi konten.


Keywords


Harian Fajar; ideologi; konten Islami; media cetak; wacana kritis

References


Ama, M. I. (2013). Kebijakan redaksional Harian Fajar dalam menentukan foto headline (Universitas Hasanuddin). Universitas Hasanuddin. Diakses dari http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MGZlOTI3NmI2NGFjMjQyZDUxZDhkMDU5MmZiYzQ3NzAzODc1NjliYg==.pdf

Basuki, B. (2017). Jurnalistik dasar resep dari dapur Tempo. Jakarta: Tempo Institute.

Dewanti, I. F. (2015). Analisis isi komentar pemberitaan pada portal berita Republika Online (Studi analisis isi komentar pemberitaan tentang pro kontra menteri Susi Pudjiastuti pada portal berita Republika Online periode 27 Oktober 2014 – 13 November 2014) (Universitas Sebelas Maret). Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/47707/

Erlita, N. (2016). Potret periklanan di media massa Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(2), 199–210. Diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/237542/potret-periklanan-di-media-massa-indonesia#cite

Harian Fajar. (2019a). Hamil, tetap puasa. Harian Fajar, p. 20.

Harian Fajar. (2019b). Korban dan JUT Cs sudah berdamai. Harian Fajar, p. 9.

Harian Fajar. (2019c). Mantap berhijab. Harian Fajar, p. 20.

Harian Fajar. (2019d). Mengaji bikin hati tenang. Harian Fajar, p. 14.

Harian Fajar. (2019e). Menghapus tato, meretas jalan hijrah. Harian Fajar, p. 1.

Harian Fajar. (2019f). Misi makmurkan masjid. Harian Fajar, p. 1.

Harian Fajar. (2019g). Perjuangan penjual kerupuk menuju baitullah sejak 2003 sisihkan uang receh. Harian Fajar, p. 1.

Harian Fajar. (2019h). Safari ramadan sambil wisata kuliner. Harian Fajar, p. 2.

Harian Fajar. (2019i). Tinggalkan Sulsel, mengebom di Filipina. Harian Fajar, p. 1.

Hereyah, Y. (2011). Media massa: Pencipta industri budaya pencerahan yang menipu massa studi simulacra dan hiperrealitas film AVATAR. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v3i2.204

Junaidi. (2018). Mengenal teori kultivasi dalam Ilmu Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 42–51. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1461

Kasman, S. (2017). Jurnalistik dakwah (Sebuah model komunikasi Islami). Jurnal Jurnalisa: Jurnal Jurusan Jurnalistik, 3(1), 46–60. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3058

Mahfud, C. (2014). Ideologi media Islam Indonesia dalam agenda dakwah: Antara jurnalisme profetik dan jurnalisme provokatif. Jurnal Dakwah, 15(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/jd.2014.15101

Matanasi, P. (2018). Sejarah hubungan panas dingin TNI-Polri: Seperti Tom dan Jerry. Diakses dari Tirto.id website: https://tirto.id/sejarah-hubungan-panas-dingin-tni-polri-seperti-tom-dan-jerry-dbNc

Mubarak, D. F. (2019). Konstruksi teks pemberitaan calon gubernur Sulsel periode 2018 pada Harian Fajar (Studi pada berita tentang penjaringan Cagub). Jurnal Diskursus Islam, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.5727

Muktiyo, W. (2015). Komodifikasi budaya dalam konstruksi realitas media massa. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(1), 113–122. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i1.1262

Munfarida, E. (2014). Analisis wacana kritis dalam perspektif Norman Fairclough. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.24090/komunika.v8i1.746

Rahman, M. (2018). Visualisasi agama di ruang publik: Komodifikasi, reproduksi simbol dan maknanya. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 4(1), 91–106. https://doi.org/10.36835/humanistika.v4i1.32

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54

Rozaki, A. (2013). Komodifikasi Islam (Kesalehan dan pergulatan identitas di ruang publik). Jurnal Dakwah, 14(2), 199–212. Diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/281

Saidulkarnain, I. (2014). Jurnalisme modern. Jakarta: Elex Media Computindo.

Steele, J. (2018). Mediating Islam: Jurnalisme kosmopolitan di negara-negara muslim Asia Tenggara. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Virajati, C., & Setianto, W. A. (2019). Kebijakan redaksi media dalam pemberitaan kehumasan (Analyzing editorial policy in public relations release). Jurnal IPTEK-KOM: Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 59–73. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.59-73

Wenerda, I. (2015). Ekonomi politik Vincent Moscow oleh media online entertainment kapanlagi.comTM. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.12928/channel.v3i1.2417

Wulandari, C. (2013). Komodifikasi pemberitan tentang kasus korupsi di media cetak. UG Jurnal, 7(9), 15–17. Diakses dari https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/1447




DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v5i1.30932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kajian Jurnalisme Indexed by: 

150 150 130

 150 

 

Editorial Office of Kajian Jurnalisme:

Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363

Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122



Kajian Jurnalisme Supervised by:

View My Stats

http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/
http://mutillidae.purbalinggakab.go.id/app/ https://informatika.nusaputra.ac.id/lib/ slot gacor https://sipenmaru-polkeslu.cloud/sgacor/ https://inspektorat.batubarakab.go.id/adminsample/image/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/ https://sipenmaru-polkeslu.cloud/daftar_admin/ https://pascasarjana.uts.ac.id/plugins/sugoi168/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://biropemotda.riau.go.id/menus/1131-gacor/ https://keuangan.usbypkp.ac.id/mmo/boba/ https://informatika.nusaputra.ac.id/wp-includes/1131/
https://informatika.nusaputra.ac.id/hk/
https://informatika.nusaputra.ac.id/sbo/
https://csirt.riau.go.id/gcr/
https://upg.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/trb/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/moon/