Analisis Semiotika Peirce pada Sampul Majalah Tempo Edisi Jokowi Beserta Bayangan Pinokio
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, N. A. (2018). Analisis semiotika pada cover majalah Tempo edisi 4 - 11 Juni 2018. Jurnal Spektrum Komunikasi, 6(1), 61–66. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i1.55
Busti, F. I. (2019). Memahami pendekatan positivis, konstruktivis dan kritis dalam metode penelitian komunikasi. Communique, 2(1), 1–8. Diakses dari http://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/27
Darmawan, F. (2016). Modalitas visual kartunis dalam kartun politik online pascareformasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 13(1), 109–122. https://doi.org/10.24002/jik.v13i1.603
Dorst, A. G., & Pasma, T. (2010). The cambridge handbook of metaphor and thought. Metaphor and Symbol, 26(1), 96–103. https://doi.org/10.1080/10926488.2011.535420
Dwiyanto, A., & Wiharto, D. (2020). Analisis semiotika Charles Sanders Pierce pada cover majalah Tempo online edisi 25 Februari – 03 Maret 2019 (analisis semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Pantarei, 4(3). Diakses dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/579
Iskandar. (2018). Metafora dalam kartun bertema korupsi karya G.M. Sudharta. INVENSI (Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.24821/invensi.v3i1.2103
Kompas.com. (2008). Psikologi warna. Diakses dari Kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2008/12/19/16441165/~Properti~Tips
Kumparan.com. (2020). Efek Pinokio: Hidung manusia berubah ketika berbohong. Diakses dari kumparan.com website: https://kumparan.com/lampu-edison/efek-pinokio-hidung-manusia-berubah-ketika-berbohong-1t9FME787T9
Kusmanto, H. (2019). Konseptualisasi metafora wacana politik: Studi semantik kognitif. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 3(2), 27–42. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.02.3
Kusumastuti, R. D., & Diana, M. (2015). Analisis semiotika pada cover majalah Tempo edisi tanggal 23 Februari-1 Maret 2015. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 10(2), 335–368. Diakses dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/944
Lakoff, G., & Johnson, M. (2020). Conceptual metaphor in everyday language. In Shaping Entrepreneurship Research (1st ed., p. 30). London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315161921-21
Maslen, R. (2017). Metaphor and discourse. Metaphor and the Social World, 7(2), 300–307. https://doi.org/10.1075/msw.7.2.08mas
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Pekommas, 16(1), 73–82. Diakses dari https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1160108
Neuman, W. L. (2011). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. London: Pearson.
Nusa, L. (2016). Halaman muka majalah Tempo (Studi analisis isi perbedaan halaman muka sebagai representasi tajuk utama majalah Tempo edisi Tahun 1993/1994 dengan Tahun 2009/2010). Profetik: Jurnal Komunikasi, 09(01), 22–31. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1188
Prabowo, H. (2019). Kontroversi cover Tempo: Saat kritik lewat karya dinilai menghina. Diakses dari Tirto.id website: https://tirto.id/kontroversi-cover-tempo-saat-kritik-lewat-karya-dinilai-menghina-eifq
Punter, D. (2007). Public metaphor. In Metaphor (1st ed., p. 15). London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203965887-8
Ramlan, W., & Supratman, L. P. (2019). Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada sampul majalah Tempo edisi satu perkara seribu drama. E-Proceeding of Management, 6(2), 4746–4757. Diakses dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/10493
Resticka, G. A. (2017). Pemanfaatan aspek kebahasaan bentuk kata tuturan humor dalam karikatur. Haluan Sastra Budaya, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.20961/hsb.v1i1.4296
Rizky, F. (2019). Makna di balik baju putih Jokowi – Ma’ruf Amin. Diakses dari Okezone.com website: https://news.okezone.com/read/2019/03/26/605/2035383/makna-di-balik-baju-putih-jokowi-ma-ruf-amin
Roikan. (2019). Bukan sekedar menggambar: Dinamika kartunis lepas Indonesia di era digital. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.22146/jps.v6i1.47465
Sani, A. F. I. (2019). Cover majalah Tempo, Istana: Presiden hormati kebebasan pers. Diakses dari Tempo.co website: https://nasional.tempo.co/read/1252836/cover-majalah-tempo-istana-presiden-hormati-kebebasan-pers
Sobur, A. (2004). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik, dan analisis framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sucahya, M. (2017). Manajemen media digital. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(01), 43–58. Diakses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1778
Suptandar, J. P. (2018). Teori dasar desain komunikasi visual. Jakarta: Djambatan.
Thibodeau, P. H., Matlock, T., & Flusberg, S. J. (2019). The role of metaphor in communication and thought. Language and Linguistics Compass, 13(5), 1–18. https://doi.org/10.1111/lnc3.12327
Verian, A., & Situmeang, I. V. O. (2019). Representasi foto kampanye calon presiden pada majalah Tempo edisi 19 – 25 November 2018 (analisis semiotika Charles Sanders Peirce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1), 1–21. https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1787
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v5i2.36251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kajian Jurnalisme
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: