Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum (PJIH) telah ada sejak tahun 1976 dengan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M. sebagai Pimpinan Redaksi atau saat itu tertulis sebagai Ketua Dewan Redaksi berdasarkan SIT. No. 061/SK/ Ditjen PPG/SIT/ 1976 tertanggal 6 April 1976. Nama Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum ini pada awal keberadaanya adalah Padjadjaran – majalah ilmu hukum dan pengetahuan masyarakat. Selepas Prof. Mochtar, Ketua Dewan Redaksi beralih kepada Prof. Dr. R. Sri Soemantri M., S.H. lalu kepada Prof. Dr. H. E. Saefullah Wiradipradja, S.H., LL.M. Sempat terhenti beberapa tahun, Jurnal ini kembali aktif di bawah Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli sebagai Ketua Dewan Redaksi. Keberkalaannya kembali tidak dapat dipertahankan hingga pada tahun 2013. Pada awal tahun 2014, Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum melakukan revitalisasi untuk meneruskan dan mempertahankan keberkalaanya. Revitalisasi yang dilakukan juga diharapkan akan meningkatkan kualitas tulisan yang masuk sehingga dapat menjadi sumber referensi hukum yang terbaru dan berkualitas.

Manajemen baru saat ini dipimpin oleh H. Atip Latifulhayat, S.H., LL.M., Ph.D. Jurnal ini diharapkan menjadi lembaga penerbitan ilmiah yang berkualitas, sehingga menjadi sarana untuk pemajuan dan perkembangan intelektualitas civitas akademika dalam menyongsong Unpad sebagai World Class University.

Motto Jurnal yang Prof. Mochtar tulis pada terbitan pertama jurnal ini masih menjadi Motto Jurnal hingga saat ini, yaitu:

“If what the Scholar says is not subject to criticism, it might as well be left unsaid (Philip C. Jessup)”.

“Apabila perkataan seorang ilmuwan itu tidak mau dikritik, akan lebih baik diam”, maka Jurnal ini dapat menjadi wadah bagi ilmuwan untuk menerima dan memberikan kritik pada sesama ilmuwan dalam upaya pengembangan keilmuannya.

PJIH telah terakreditasi nasional berdasarkan SK Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologim dan Pendidikan Tinggi Nomor 32a/E/KPT/2017 tertanggal 26 April 2017.

p-ISSN: 2460-1543

e-ISSN: 2442-9325

Download:


Vol 4, No 1 (2017): PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law)


PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law) Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2017