Pertunjukan Interaksi Sosial di Game Online: Etnografi Permainan Among Us dengan Pendekatan Teori Dramaturgi

Nindy Maharani Puspitasari, Sugeng Harianto

Abstract

Game online merupakan sebuah permainan virtual dengan memanfaatkan jaringan komputer berupa LAN atau internet. Game online dapat dioperasikan dalam berbagai perengkat seperti PC atau smartphone yang terhubung dengan internet. Perkembangan game online saat ini cukup pesat, sebagian besar anak muda bermain game online untuk mengisi waktu luangnya. Salah satu game online yang sempat ramai dimainkan yaitu game Among Us.Game Among Us merupakan game yang menempatkan para pemainnya sebagi anggota kru pesawat luar angkasa yang diberikan tugas untuk menyelesaikan beberapa misi, sementara itu diantara para anggota kru pesawat luar angkasa terdapat seorang Impostor yang berperan untuk meniru dan membunuh para anggota kru kapal tersebut. Tujuan dari penelitian ini, mendalami serta menganalisis dinamika interaksi sosial dalam permainan Among Us dengan menggunakan teori dramaturgi milik Erving Goffman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitain kualitatif dengan pendekatan secara etnografi partisipasi aktif. Hasil yang didapatkan yaitu permainan peran dalam game Among Us cukup menarik dan sesuai dengan pola teori milik Erving Goffman mengenai teori dramarurgi. Dalam permainan ini dapat menampilkan pola interaksi para pemain yang sedang menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan peran yang diberikan oleh sistem. Selama proses permainan akan sangat sulit tidak mendapatkan tuduhan karena berprilaku kurang wajar atau mencurigakan. Namun hal tersebut menjadikan para pemain menjadi lebih teliti selama proses permainan.

Keywords

Permainan, Interaksi, Peran

References

Johnson, D. P. (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: PT Gramedia.

Putra, D., & Achmad, Z. (2022). Interkasi Sosial Virtual dalam Permainan Among Us Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 163-176.

Rahmawaty, Thalib, S., & Aryani, F. (2022). Perilaku Game Online, Dampak dan Penanganannya. PINISI Journal of Education.

Sari, M., Kusuma, A., Hidayatullah, B., Sirodj, R., & Afgani, M. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penlitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 84-90.

Utami, T., Christin, M., & Pamungkas, I. (2016). Interaksi Sosial dalam Game Duel Otak. e-Proceding of Management , 2571-2581.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.