STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PENGUATAN EKONOMI KERAKYATAN (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros)

- Alyas

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Subjek penelitian yaitu pemilik usaha Roti Maros di Kabupaten Maros. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan analisis SWOT. Dimana analisis kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi sedangkan analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan strategi suatu perusahaan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usahakecil dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada usaha Roti Maros diKabupaten Maros yang dapat digunakan yaitu pengembangan pasar dan produk, serta penetrasi pasar secara intensif  dengan meningkatkan promosi, kualitas, serta inovasi produk Roti Maros.

 


Kata Kunci


Strategi pengembangan, UKM, penguatan ekonomi kerakyatan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.12249

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 Sosiohumaniora

                                                                                               JURNAL INI TERINDEXS DI:

 

 

  

Statistik Pengunjung

 

Lisensi Creative CommonsCiptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.