PENGARUH KOMPETENSI ANGGOTA DPRD DAN APARATUR PEMERINTAH DAERAH, PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PENGANGGARAN SERTA KUALITAS INFORMASI KEUANGAN TERHADAP PRINSIP-PRINSIP TATA KELOLA PEMERINTAH DAERAH YANG BAIK: SURVEY PADA KABUPATEN/KOTA DI JAWA BA

Nunuy Nur Afiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kompetensi Anggota DPRD, Kompetensi Aparatur Pemda, Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi, Penganggaran, dan Kualitas Informasi Akuntansi Terhadap Prinsip-Prinsip Tata Kelola Pemda yang Baik. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive dan explanatory survey terhadap 25 kabupaten/kota di Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey menggunakan instrument kuesioner. Dilengkapi dengan teknik observasi. Dilaksanakan sejak bulan September 2003 sampai dengan bulan Agustus 2004. Metode analisis menggunakan Path Analysis. Kesimpulan penelitian ini adalah Kompetensi Anggota DPRD, Kompetensi Aparatur Pemda, Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi, Penganggaran, dan Kualitas Informasi Akuntansi berpengaruh terhadap Prinsip-Prinsip Tata Kelola Pemda yang Baik.

Keywords


Keuangan Daerah, Kompetensi, Sistem Informasi Akuntansi, Penganggaran.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v12i1.5436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com