REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TAGOG PADALARANG OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN BANDUNG BARAT

Ayu Hendriani Lestari, Saifullah Zakaria, Desi Yunita

Abstrak


Tagog Padalarang Market is one of the traditional markets in West Bandung Regency. The Tagog Padalarang market is located on a cross-road route, not only the Padalarang community who pass through this route. The existence of the Tagog Padalarang Market is now decreasing with the presence of many modern markets and market conditions that seem shabby, disorganized, and uncomfortable. The purpose of this research is to analyze and describe the traditional market revitalization program at Tagog Padalarang Market seen from the revitalization stages according to Widjaja Martukusumo (2006). This research uses descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out by interview, observation, literature study and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data exposure, and drawing conclusions and SWOT analysis. The results of this study indicate that the process of revitalizing the Tagog Padalarang traditional market carried out by the Department of Industry and Trade of West Bandung Regency in carrying out the revitalization of the Tagog Padalarang Market is said to be not optimal because there are several factors that become obstacles and obstacles so that it is not optimal. These are the delays in the revitalization of the Tagog Padalarang market, the decline in the income of traders in the Temporary Shelters (TPS) of the Tagog Padalarang Market and the uneven distribution of counseling for the traders of the Tagog Padalarang Market.

 

Pasar Tagog Padalarang adalah salah satu pasar tradisional yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Pasar Tagog Padalarang terletak di jalur daerah lintas yang tidak hanya masyarakat Padalarang saja yang melewati jalur tersebut. Keberadaan Pasar Tagog Padalarang kini kian menurun dengan banyaknya kehadiran pasar-pasar modern dan dan kondisi pasar yang terkesan kumuh, tidak teratur, dan tidak nyaman. Tujuan dari penelitiaan ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan program revitalisasi pasar tradisional di Pasar Tagog Padalarang dilihat dari tahapan revitalisasi menurut Widjaja Martukusumo (2006). Penelitiaan ini menggunakan metode deskrtiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan dan analisa SWOT. Hasil dari penelitiaan ini menunjukan bahwa proses revitalisasi pasar tradisional Tagog Padalarang yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat dalam melaksanakan revitalisasi Pasar Tagog Padalarang dikatakan belum optimal dikarenakan terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dan hambatan sehingga belum maksimal. Hal tersebut yakni terhambatnya pembangunan revitalisasi pasar Tagog Padalarang, menurunnya pendapatan para pedagang di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Tagog Padalarang dan kurang meratanya penyuluhan para pedagang Pasar Tagog Padalarang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Indonesia. 2017. https://www.bps.go.id/publication/2018/12/20/36947a549c51888e447570ee/direktori-pasar-tradisional-dan-pusat-perbelanjaan-2017.html .28 November 2020

Badan Pusat Statisik Indonesia. 2018. https://www.bps.go.id/publication/2019/02/22/1fefad689bf331015b248efc/profil-pasar-tradisional-pusat-perbelanjaan-dan-toko-modern-tahun-2018.html. 28 November 2020

Badan Pusat Statisik Indonesia. 2019. https://www.bps.go.id/indicator/173/1875/1/sebaran-pasar-dan-pusat-perdagangan-menurut-klasifikasi.html . 28 November 2020

Haryanto, Adi. 2020. Revitalisasi Pasar Tagog Padalarang Rp79 Miliar Dimulai Agustus.https://daerah.sindonews.com/read/66810/701/revitalisasi-pasar-tagog-padalarang-rp79-miliar-dimulai-agustus-1591880783. 8 Juli 2020

Martokusumo, Widjaja. 2008. Revitalisasi Sebuah Pendekatan Dalam Peremajaan Kawasan. Bandung: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol. 19 No. 3 Desember 2008 Hlm. 57-73. Diakses melalui https://journals.itb.ac.id.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 32 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kerjasama Pembangunan Dan Pengelolaan Pasar Tradisional Antara Pemerintah Daerah Dengan Badan Usaha

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v1i2.38246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :