MANAJEMEN KINERJA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS IV BANDA NAIRA DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) TAHUN 2020

Nanda Aismayani Surur, Wahju Gunawan, Budi Sutrisno

Abstrak


This research is motivated by the sources of national income, one of which is from Non-Tax Revenue. The government must maximize existing revenues to carry out optimal responsibilities and authority. The achievements can be seen through stages of performance management such as performance planning, performance implementation, performance review, performance evaluation, and performance improvement. This study aims to obtain and examine performance management which targets increasing the 2020 PNBP at Banda Naira KSOP Class IV Office. This study used a qualitative method and descriptive approach. This research discovered that the performance management followed appropriate regulations and procedures. Each employee has maximum performance despite the limited human resources, carrying out tasks according to their respective fields. In addition, Banda Naira KSOP Class IV Office did not achieve the estimated target of PNBP income because, in the performance implementation process, service users were not disciplined with the procedures and the lack of supervision from officers in the field. It is necessary to improve the training to maintain the competence and quality of employees and not to be left behind.

 

Penelitian ini dilatar belakangi asal pendapatan negara yang salah satunya dari Penerimaan Negara Bukan Pajak. Demi menjalankan tugas dan wewenang yang optimal, pemerintah perlu memaksimalkan pendapatan yang ada. Melalui manajemen kinerja akan diketahui hasil yang dicapai dilihat dari tahapan Perencanaan Kinerja, Pelaksanaan Kinerja, Review Kinerja, Evaluasi Kinerja, dan Perbaikan Kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan mengkaji data mengenai Manajemen Kinerja yang dilakukan pada Kantor KSOP Kelas IV Banda Naira dalam meningkatkan PNBP tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwasanya manajemen kinerja pada kantor KSOP Kelas IV Banda Naira sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku, meskipun memiliki SDM yang terbatas namun setiap pegawainya memaksimalkan kinerja, melaksanakan tugas sesuai pada bidangnya masing-masing. Serta alasan tidak tercapainya estimasi pendapatan PNBP di Kantor KSOP Kelas IV Banda Naira tahun 2020, dikarenakan pada proses pelaksanaan kinerja masih ditemukan adanya pengguna jasa yang tidak disiplin terhadap prosedur yang diberikan,dan kurangnya pengawasan dari petugas di lapangan. Maka untuk mempertahankan kompetensi mutu pegawai, diperlukan peningkatan pembinaan agar tidak tertinggal.


Kata Kunci


Manajemen Kinerja, PNBP, KSOP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bacal, Robert. 1999. Performance Management. New York: The McGraw-Hill

International.

Freddy, Rangkuti. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara

Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia

Hery.2020. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wibowo. 2018. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumber Hukum

Indonesia. (2018). Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Peraturan Menteri Nomor 77 Tahun 2016 tentang petunjuk pelaksanaan jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL). Dipetik Januari 21, 2021, dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional Kementerian Perhubungan : http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/VUUwZ056Y2dWR0ZvZFc0Z01qQXhOZz09

Pemerintah Nomor 15 Tahun 2016 Tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan. Dipetik Januari 18, 2021, dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional Kementerian Perhubungan : http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/VUZBZ01UVWdWRUZJVlU0Z01qQXhOZz09




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v2i1.41105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :