PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERMOHONAN SURAT PENGESAHAN DOKUMEN DAN SURAT KETERANGAN BERPRAKTIK TENAGA KESEHATAN KOTA BANDUNG DI MASA ENDEMIK COVID-19 TAHUN 2022

Mega Juwita Agustina, Neneng Yani Yuningsih, Jovanscha Qisty Adinda FA

Abstrak


            Since the covid-19 pandemic hit the world, the government has issued policies to limit public activities. Public service is an aspect of life that cannot be stopped and its quality must be maintained. So during the covid-19 endemic period where all community activities are restricted, the Health Insurance, Financing and Regulation Section of the Bandung City Health Office strives to continue to provide quality services in the midst of the covid-19 pandemic and endemic. The quality service is carried out by optimizing google form media for requests for Document Approval Letters and Certificates for Bandung City health workers. The components used to measure the quality of service standards as stated in the Law of the Republic of Indonesia Number 25 of 2009. This research uses qualitative research methods by collecting primary and secondary data. Primary data was obtained through interviews with resource persons, while secondary data was obtained through online literature studies and documentation during observation. In the data collection process, researchers used literature studies and field studies which included interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that the use of google form in maintaining and improving service quality seen from external and internal factors is quite optimal because it greatly facilitates the community in applying for letters. However, from these conveniences and advantages, there are threats and shortcomings that need to be addressed.

 

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk pembatasan kegiatan masyarakat. Pelayanan publik merupakan aspek kehidupan yang tidak bisa dihentikan dan kualitasnya harus dijaga. Maka di masa endemik covid-19 yang segala kegiatan masyarakat dibatasi, Seksi Jaminan, Pembiayaan, dan Regulasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung berupaya untuk tetap menjalankan pelayanan yang berkualitas di tengah masa pandemi dan endemik covid-19. Adapun pelayanan berkualitas tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan media google form untuk permohanan Surat Pengesaha Dokumen dan Surat Keterangan bagi tenaga kesehatan Kota Bandung. Komponen yang digunakan untuk mengukur kualitas standar pelayanan sebagaimana tercantum pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap narasumber, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur online serta dokumentasi selama observasi. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan goole form dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dilihat dari faktor eksternal dan internal sudah cukup optimal karena sangat mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan surat. Namun dari kemudahan dan kelebihan tersebut, terdapat ancaman dan kekurangan yang perlu dibenahi.


Kata Kunci


Covid-19, Google form, Kualitas Pelayanan Publik, Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Moenir, A. (2016). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Cakra Books.

Rachmat, & Gunawan, D. (2016). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Pustaka Setia.

Jurnal

Lestari, Y., Luh, N., Fil, S., Wismayanti, D., & Wiwin, K. (2015). Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Studi Kasus Pengelolaan Pengaduan Rakyat Online Denpasar Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar Tahun 2014). Citizen Charter, 1(2), 28623.

Retnawati, H., & Mulyatiningsih, E. (2013). Evaluasi program pendidikan. Universitas Terbuka.

Sumber Hukum

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v3i2.52652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :