PARENTING TRAINING ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI KADER POSYANDU KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Pengasuhan anak merupakan hal yang menantang untuk dilakukan pada saat keadaan normal, terlebih di masa-masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, sehingga penting bagi orang tua untuk mengambil langkah-langkah terbaik dengan meningkatkan kapasitas mereka dalam membantu diri, anak dan seluruh anggota keluarga untuk menjalani dan melalui situasi pandemi covid-19. Kegiatan parenting training yang dilaksanakan menggunakan metodologi andragogy yaitu dengan menempatkan dan memperlakukan para peserta pelatihan sebagai orang dewasa yang sudah memiliki pengetahuan sebelumnya dan kaya akan pengalaman dalam hal pengasuhan, sehingga para peserta pelatihan merupakan sumber belajar bagi sesama peserta pelatihan lainnya. Hasil yang diperoleh dengan dilaksanakannya parenting training bagi para kader posyandu di lingkungan Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang ini adalah (1). tergambarkannya kondisi potensi dan masalah yang dihadapi oleh anak usia dini; (2). dipahami oleh para kader posyandu pentingnya pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua atau pengganti orang tua bagi tumbuh kembang anak usia dini; dan (3). tergambarkan kondisi kesehatan anak usia dini di masa pandemi covid-19 di lingkungan Kecamatan Jatinangor.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Anak Usia Dini 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Coe, E. dan K. Enomoto, “Mengembalikan ketahanan: Dampak COVID-19 terhadap kesehatan mental dan penggunaan obat”, McKinsey & Company, (April 2020). < https://www.mckinsey.com/industries/healthcare-systems-and-services/ourinsights/returning-to-resilience-the-impact-of-covid-19-on-behavioral-health >
Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, Volume 9 Nomor 2, Desember 2013.
Indrayana, dkk. (2018). Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karakter Pada Generasi Alfa. Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1, No 12, (2018), 1.
Izzard, C. E & Harris, P. (2000). Emotional Development and Developmental Psychopathology, dalam Developmental Psychopathology: Risk Disorder and Adaptation. Dante, C & Cohen, D (eds). New York: John Willey & Sons. Inc.
Makarim, Chodidjah. (2015). Peran Media Televisi Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ejournal.uika-bogor.ac.id
Ma’mun, Amung dan Saputra, Yudha. (2000). Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah. Diakses pada 11 November 2020, dari http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._KESEHATAN_%26_REKREASI/PRODI ._ILMU_KEOLAHRAGAAN/195911041986011- BADRUZAMAN/Tugas_Perkem_%26_bljar_gerak.pdf
McCrindle, M. (2011). The ABC of XYZ. Australia: UNSW Press
Niryawan, Hari. (2007). Dasar-Dasar Hukum Media. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purnama, Sigit. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, Volume 1, April 2018, Hal. 493- 502.
Susanty, Hanni. (2020). Pentingnya Penerapan Pola Asuh yang Tepat pada Anak Usia Dini. Dapat diakses di: https://puspensos.kemsos.go.id/pentingnya-penerapan-polaasuh-yang-tepat-pada-anak-usia-dini Diakses pada tanggal 24 November 2020.
Tribunnews.com (2017, 22 Desember). Mensos: Ibu 'Zaman Now' Harus Siap Mengasuh Generasi Alfa. Diakses pada 3 November 2020, dari https://www.tribunnews.com/nasional/2017/12/22/mensos-ibu-zaman-nowharus-siap-mengasuh-generasi-alfa
UNICEF (United Nations Children’s Fund), “PBB mengeluarkan rencana tanggap darurat kemanusiaan untuk pandemi COVID-19” Pernyataan Henrietta Fore, (25 Maret 2020), https://www.unicef.org/press-releases/un-launches-global-humanitarian-response-plan-Covid-19-pandemic
UNICEF Indonesia, (2017) “Kemampuan untuk Masa Depan”.
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.31359
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: