PENINGKATAN LITERASI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI ERA DISRUPSI

Hery - Wibowo, Maulana - Irfan

Abstrak


ABSTRAK

Era Disrupsi pada saat dunia memasuk revolusi industri keempat telah mengubah sebagian besar dimensi kehidupan manusia, termasuk pada bagaimana individu menjalankan usahanya atau berwirausaha. Keterhubungan miliaran individu pada teknologi informasi telah memaksa individu untuk selalu meningkatkan literasinya. Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  merupakan salah satu sektor yang rentan terhadap dinamika perubahan serta memerlukan pendampingan dan proses pendidikan yang tepat untuk dapat bertahan dan berkembang. Praktik pengabdian masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran ini mencoba merumuskan tiga literasi utama yaitu literasi peradaban global dan era disrupsi, literasi bisnis digital dan literasi model bisnis yang perlu dimiliki oleh pelaku UMKM untuk menambah kapasitas mereka untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Metode yang dilakukan dalam kegiaan ini menggunakan Action Research  yang dikaitkan dengan tindakan untuk mencapai hasil praktis dan menciptakan bentuk pemahaman baru melalui kegiatan KKN dengan proses pelatihan dilakukan secara daring dengan diikuti oleh 40 pelaku usaha UMKM di berbagai wilayah di kota/kabupaten di Jawa Barat, berbasis lokasi tinggal mahasiswa KKN dengan nara sumber pelaku usaha muda yang sudah menggunakan basis digital dalam implementasi usahanya. Output  dalam kegiatan ini menunjukkan adanya pemahaman dasar mengenai perlunya literasi pengembangan usaha dalam implementasi usahanya.


Kata Kunci


UMKM, Kewirausahaan, Pelatihan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ayodya, W. (2020). UMKM 4.0: Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ciputra. (2009). Quantum Leap: Entrepreneurship mengubah masa depan Bangsa dan masa depan Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Eriyatno, & Nadjih, M. (2012). Solusi Bisnis untuk Kemiskinan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Gassman, O., Frakenberger, K., & Csik, M. (2016). Business Model Navigator. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0. Yogyakarta: Penerbit Quadrant.

Kasali, R. (2014). Agility: Transfomasi dalam Sunyi untuk Meraih Ketangkasan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2018). The Great Shifting (Cetakan ke-4). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2021). Blue Ocean Strategy. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Lall, M. (2009). Personal Growth and Training & Developoment. New Delhi: Publisher Excel Books.

Noor, D. L. (2016). Pemberdayaan UMKM. Jatinangor-Sumedang: Penerbit Unpad Press.

Priyono, J., & Syarbini, H. (2014). Strategi Mengubah Usaha Kecil Minim menjadi Usaha Kaya Miliaran. Solo-Jawa Tengah: Penerbit Tiga Serangkai.

Restrepo, F. B., & Marquez, I. D. (2015). Orange Economy: Potensi Kreativitas yang Tidak Terbatas. Jakarta: Noura Book PT Mizan Publika.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Bantul-Yogyakarta: Penerbit Genesis.

Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Penerbit Refika Aditama .

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta .

Yaumi, M., & Damopoli, M. (2014). Action Research: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT Kencana Prenadamedia Group.

Yuwono, I., Suhariadi, F., Handoyo, S., Fajrianthi, Muhammad, B. S., & Septarini, B. G. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: