Pemberdayaan UMKN Desa Jatisari Sumedang melalui Aktivitas Business Coaching dan Appreciative Inquiry

Hery Wibowo, Sahadi Humaedi, Santoso Tri Raharjo, Nurliana Cipta Apsari

Abstrak


Sektor UMKM merupakan unit usaha berbasis masyarakat yang rentan dengan kerasnya persaingan usaha dan pemasaran. Maka, seluruh upaya ataupun investasi untuk membantu UMKM untuk meningkatkan kemampuan usahanya, adalah sesuatu yang layak diperjuangkan. Maka, seyogianya seluruh usaha-usaha untuk meningkatkan kapasitas usaha adalah penting untuk dilakukan. Proses pengabdian masyarakat ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian aksi, dengan tehnik business coaching dan appreciative inquiry. Upaya business coaching ditujukan untuk membangun kesadaran pelaku usaha akan usaha yang dilakukannya, mengetahui lebih dalam tentang potensi pelanggannya, serta mengidentifikasi aktivitas dan mitra kuncinya sedangkan appreciative inquiry dilaksanakan untuk membangun diskusi dimana antar peserta dapat saling mendengarkan inspirasi dan pengalaman membangun usaha terbaik dari sesama pelaku usaha. Selanjutanya sejumlah langkah aksi dilakukan untuk mendukung peningkatan usaha, seperti pendaftaran NIB, mengikuti pelatihan Keamanan Pangan, serta pembuatan akun media sosial serta pendaftaran peta lokasi di aplikasi google. Hasilnya peserta semakin mengenal lebih dalam tentang usahanya dan semakin bersemangat untuk membangun jejaring diantara mereka.


Kata Kunci


UMKM, Pemberdayaan, Business Coaching, Appreciative Inquiry

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annas, A. A. (2020). Inovasi Banyuwangi: Jalan Terpendek Mencapai Layanan Publik Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bresser, F., & Wilson, C. (2010). Apa yang dimaksud dengan Coaching? In J. Passmore, Excellence in Coaching. Jakarta: ppm management.

Djohani, R. (2003). Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokrasi Komunitas. Bandung: Studio Driya Media.

Grant, A. M. (2010). Solution Focused Coaching. In J. Passmore, Excellence in Coaching. Jakarta: PPM Manajemen.

Kasali, R. (2018). Tomorrow is Today. Jakarta: Penerbit Mizan.

Kasali, R. (2018). Tomorrow is Today. Bandung Jawa Barat: Penerbit Mizan.

Kemmis, S., & Wilkinson, M. (1998). Participatory Action Research and the Study of Practice. In B. Aweth, S. Kemmis, & P. Weeks, Action Research in Practice. London & New York: Routledge.

Klopper, S., & Peter, S. V. (2018). Business coaching processes that facilitate the succesfull implementation of Business Implementation Project. International Journal of Evidence Based Coaching and Mentoring, 16, 20-31. doi:10.24384/000563

Macpherson, A. (2015, January). Research Gate. Retrieved from Research Gate: file:///C:/Users/ASUS/Downloads/AppreciativeInquiryIntroArticletxt15.pdf

Mardikanto, T. (2014). CSR (Coorporate Social Responsibility) (Tanggung Jawab Korporasi). Bandung: Alfabeta.

Parsons, R. J. (1994). The Integration of Social Work Practice. California: Brooks/Cole.

Payne. (1997). Modern Social Work Theory. Chicago IL: Lyceum.

Payne, M. (1997). Modern Social Work Theory, Second Edition. London: MacMilan Press Ltd.

Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumodiningrat, G. (1999). Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.

Wibowo, H. (2011). Kewirausahaan Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Widya Padjadjaran.

Wibowo, H. (2017). Kewirausahaan Sosial dan Pembangunan Sosial. Jatinangor-Sumedang: Penerbit Unpad Press.

Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2021). Pendidikan Berbasis Mentalitas Wirausaha. Bandung : Penerbit ITB PRess.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: