TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MENJALANI PENDIDIKAN INKLUSI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Diva Salma Hanifah, Annasjla Byandra Haer, Saraswati Widuri, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Peserta didik dengan kebutuhan khusus yang menempuh pendidikan di sekolah dasar umum seringkali menghadapi kesulitan dalam menempuh proses pembelajaran. Banyak hal yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Metode penelitian atau pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data dan informasi melalui kajian literatur. Hasil dari kajian tersebut menyebutkan bahwa sekolah dasar formal sudah menyediakan pendidikan inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Akan tetapi, apabila dilihat dari tingkat kesiapannya masih belum maksimal karena masih kurangnya tenaga pendidik yang memadai terkait latar belakang pendidikannya sehingga dalam melakukan bimbingan kepada anak berkebutuhan khusus masih menemukan banyak tantangan dan hambatan. Berdasarkan analisis pada beberapa jurnal penelitian terkait pun dapat dikatakan bahwa ternyata guru pendamping khusus ABK  dengan latar belakang  S1  Program  studi  Pendidikan  Luar Biasa masih tergolong sedikit. Pada akhirnya, sebagian besar sekolah yang menjalankan pendidikan inklusi menerapkan kewajiban pelatihan pendampingan bagi  siswa  Anak  Berkebutuhan Khusus (ABK) tersebut.

Kata Kunci


pendidikan, inklusi, anak berkebutuhan khusus, sekolah dasar, guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfaaroqi, K. U., & Khoiruddin, M. A. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DAN KENDALANYA DI SDN BETET 1 KOTA KEDIRI. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 1-16.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 21(1), 51-63.

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2020). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5 (2), 90-95.

Hastina, N., & Harahap, D. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn Medan Marelan. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Holifurrahman, H. (2020). Kurikulum Modifikasi Dalam Praktik Pendidikan Inklusif Di SD Al-Firdaus. INKLUSI Journal Of Disability Studies, 7(2), 271-292.

Irwanto, P. (2012). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar X, Y, Dan Z Kota Jayapura (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Iskandar, R., Satriyani, F. Y., & Munajah, R. (2018). Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 06 Pagi DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 1(01).

Jaenam, J., & Kharles, K. (2021). Pendidikan Inklusi Di Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 514-519.

Junaedi, E. (2019). Efektivitas Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 238-250.

Khoiri, K. A. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 1-5.

Marti, A. D. (2012). Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

Muazza, M., Hadiyanto, H., Heny, D., Mukminin, A., Habibi, A., & Sofwan, M. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2 (1), 1-12.

Mularsih, H. Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Negeri Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3 (1), 94-104.

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (3), 1183-1190.

Nabila, N. N. N. (2020). Analisis Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 5 (2), 31-39.

Puspitaningtyas, A. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8 (1), 39-47.

Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar International Islamic School (INTIS) Yogyakarta. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 55-61.

Santoso, M. B., & Apsari, N. C. (2017). Pergeseran paradigma dalam disabilitas. Intermestic: Journal of International Studies, 1(2), 166-176.

Sukirno, S. (2019). Analisis Pola Pendidikan Inklusif di Kelas V SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong. Journal of Basic Education Studies, 2(2).

Sulthon, S. (2018). Model Pelayanan Pendidikan Inklusi Di Madrasah: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaul Falah Dawe-Kudus. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 151-172.

Sunanto, J. (2016). Indeks inklusi dalam pembelajaran di kelas yang terdapat ABK di sekolah dasar. JASSI ANAKKU, 8(2), 78-84.

Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145-155.

Supriatini, S., Muhdi, M., & Yuliejantiningsih, Y. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Bolo Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(3).

Wardani, K. S. K., Warthini, N. L. P. N. S., Rahmatih, A. N., Astria, F. P., & Nurwahidah, N. (2020). Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 20 Mataram. Progres Pendidikan, 1(2), 99-105.

Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.

Yasa, R. B., & Julianto, J. (2018). Evaluasi Penerapan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar di Kotamadya Banda Aceh dan Kabupaten Pidie. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3 (2), 120-135.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: