PERUBAHAN PERILAKU RENDAH DIRI MELALUI PEMASARAN SOSIAL (STUDI KASUS PERUBAHAN PERILAKU POSITIF SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IHSAN CIMAHI)

Maulana - Irfan, Yudhistira Anugerah Pratama

Abstrak


Perilaku positif akan membantu individu atau kelompok dalam memecahkan permasalahannya dan membuat hidup mereka sejahtera. Pada artikel ini, perubahan perilaku yang menjadi fokus adalah perilaku rendah diri yang dialami oleh beberapa santri di Pondok Pesantren Daarul Ihsan Cimahi. Perilaku rendah diri yang masih membelenggu membuat santri-santri tersebut mengalami hambatan dalam mengembangkan eksistensi diri sehingga berdampak pada penghambatan pemecahan masalah. Selain itu, perilaku rendah diri santri membuat mereka tidak merasa senang dan tidak nyaman. Oleh karena itu, peneliti dan pengelola pesantren menyusun dan membuat produk social marketing  untuk mengajak para santri mengubah perilaku rendah diri melalui poster, video, dan stiker. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan proses social marketing  dari mulai pengumpulan informasi berdasarkan cerita  pengalaman  santri,  penyusunan  dan  pembuatan produk,  pemberian produk, hingga dampak yang ditimbulkan dari adanya kegiatan social marketing  di Pondok Pesantren Daarul Ihsan Cimahi terhadap perubahan perilaku rendah diri pada santri. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam kegiatan social marketing , peneliti berasumsi bahwa poster, video, dan stiker yang menjadi media dalam penyampaian pesan perubahan perilaku rendah diri santri cukup efektif. Hal ini dibuktikan dari antusias dan rasa senang yang ditunjukkan oleh para santri ketika menyaksikan video dan menerima stiker dari peneliti. Kegiatan social marketing  ini memberikan dampak pada perubahan perilaku rendah diri pada subjek utama. Hal ini dibuktikan dari adanya keberanian subjek utama dalam mengungkapkan gagasan kepada teman-temannya ketika sedang berada dalam diskusi kelompok, keberanian subjek utama dalam menjawab pertanyaan dari pengajarnya ketika sedang belajar di kelas, dan kemauan subjek utama dalam mengembangkan kegemaran public speaking-nya dengan cara rutin berlatih.


Kata Kunci


pemasaran sosial; perubahan perilaku; media visual

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37984

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: