Pengembangan Instagram @RSUDkabsumedang sebagai Media Promosi Kesehatan

Retasari Dewi, Shofura Nur Adilah, Renata Anisa

Abstract


Informasi kesehatan dari sumber terpercaya amat dibutuhkan, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19. Peran media sosial rumah sakit dibutuhkan sebagai salah satu media komunikasi dan edukasi informasi kesehatan masyarakat. Untuk mendorong pengembangan media sosial milik RSUD Kabupaten Sumedang, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan yaitu, pertama untuk membangun persona digital akun Instagram @rsudkabsumedang, kedua untuk membentuk templat konten akun Instagram @rsudkabsumedang, dan ketiga untuk mengelola konten informasi kesehatan pada akun Instagram @rsudkabsumedang. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan pada Humas dan PKRS di RSUD Kabupaten Sumedang yang dimana di dalamnya terdapat persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah, pertama terbentuk persona digital pada akun Instagram @rsudkabsumedang, kedua terbentuk templat konten yang sesuai dan konsisten pada akun Instagram @rsudkabsumedang, dan terakhir yaitu pengelolaan konten informasi kesehatan yang semula tidak ada menjadi 25 konten, atau 12% dari keseluruhan konten akun Instagram @rsudkabsumedang.

 

Kata kunci: Humas, media sosial, promosi kesehatan, Rumah Sakit.


References


Anisa, R., Yustikasari, Y., & Dewi, R. (2022). MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2869–2874. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1248

Bailey, C. M. (2010). Engaging Consumers via Social Media Makes Them More Likely To Buy, Recommend. https://www.greenbook.org/marketing-research/engaging-consumers-via-social-media

Barman, U., Das, A., Wagner, J., & Foster, J. (2014). A Challenge for Language Identification in the Language of Social Media. Association for Computational Linguistics. https://aclanthology.org/W14-3902.pdf

Burhan, F. A. (2020). Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Medsos Ketimbang Situs Pemerintah. Pemerintah republik Indonesia. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fb7b04fa5eb9/survei-kic-masyarakat-lebih-percaya-medsos-ketimbang-situs-pemerintah

CDC. (2011). The Health Communicator’s Social Media Toolkit. Office Of The Associate Director For Communication. https://www.cdc.gov/healthcommunication/toolstemplates/socialmediatoolkit_bm.pdf

de Kerckhove, D., & de Almeida, C. M. (2013). What is a digital persona? Technoetic Arts, 11(3), 277–287. https://doi.org/10.1386/tear.11.3.277_1

Dewi, R., Dida, S., & Anisa, R. (2018). Pelatihan Komunikasi Bagi Kader Posyandu di Desa Pegerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Jurnal Abdi MOESTOPO, 1(2), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/am.v1i02.522

Fitri, Z. (2015). AUDIO DIGITAL WATERMARKING UNTUK MELINDUNGI DATA MULTIMEDIA. Techsi, 7(1), 189–208. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/techsi.v7i1.187

Ghaisani, A. P., Handayani, P. W., & Munajat, Q. (2017). Users’ Motivation in Sharing Information on Social Media. Procedia Computer Science, 124, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.186

Hassan, S., Nadzim, S. Z. A., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use of Social Media for Small Business Based on the AIDA Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 262–269. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.363

Herdiansyah, A. R. (2020). Design System Pada Perangkat Lunak Di Divisi Codelabs. Universitas Komputer Indonesia.

Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1), 1–10. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Kemenkes RI.

Kepios. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th global) (15th ed.). Pearson Education.

Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261

Lesmana, F., Asthararianty, & Yoanita, D. (2020). Peningkatan Ketrampilan Komunikasi bagi Tenaga Promosi Kesehatan. Media Karya Kesehatan, 3(2), 205-221. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/24852/14245

Majidah, M., Hasfera, D., & M. Fadli, M. F. (2019). PENGGUNAAN WARNA DALAM DISAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP PSIKOLOGIS PEMUSTAKA. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106

Pemerintah Republik Indonesia. (2018). Permenkes Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). https://promkes.kemkes.go.id/permenkes-nomor-44-tahun-2018-tentang-penyelenggaraan-promosi-kesehatan-rumah-sakit

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 21–28.

Safitri, B. V., Bakti, I., & Hafiar, H. (2019). Profesi humas rumah sakit: antara profesionalisme dan humanisme. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(1), 47. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.16502

Vionita, L., & Prayoga, D. (2021). Penggunaan Media Sosial selama Pandemi Covid-19 dalam Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA, 20(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.126-133

Wu, L., Che Pa, N., Abdullah, R., & Ab. Rahman, W. N. W. (2015). An analysis of knowledge sharing behaviors in requirement engineering through social media. 2015 9th Malaysian Software Engineering Conference (MySEC), 93–98. https://doi.org/10.1109/MySEC.2015.7475202

Yulianto, E., & Nurochim, F. (2020). Pembangunan Marketplace Online Barang Digital Menggunakan Fitur Product Recommendation (Rating & Tag Analytics) dan Braintree Payment System. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1–13.

Yustikasari, Y., Anissa, R., & Dewi, R. (2021). Pelatihan Promosi Kesehatan pada Tenaga Kesehatan di Jawa Barat. Journal of Servite, 3(2), 57. https://doi.org/10.37535/102003220211




DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v5i2.39172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL INI TERINDEKS DI:

 

 

 

Penerbit :


Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810 

Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id

Email: novita.trivita@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

hit
counter