Pengembangan Instagram @RSUDkabsumedang sebagai Media Promosi Kesehatan
Abstract
Informasi kesehatan dari sumber terpercaya amat dibutuhkan, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19. Peran media sosial rumah sakit dibutuhkan sebagai salah satu media komunikasi dan edukasi informasi kesehatan masyarakat. Untuk mendorong pengembangan media sosial milik RSUD Kabupaten Sumedang, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan yaitu, pertama untuk membangun persona digital akun Instagram @rsudkabsumedang, kedua untuk membentuk templat konten akun Instagram @rsudkabsumedang, dan ketiga untuk mengelola konten informasi kesehatan pada akun Instagram @rsudkabsumedang. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan pada Humas dan PKRS di RSUD Kabupaten Sumedang yang dimana di dalamnya terdapat persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah, pertama terbentuk persona digital pada akun Instagram @rsudkabsumedang, kedua terbentuk templat konten yang sesuai dan konsisten pada akun Instagram @rsudkabsumedang, dan terakhir yaitu pengelolaan konten informasi kesehatan yang semula tidak ada menjadi 25 konten, atau 12% dari keseluruhan konten akun Instagram @rsudkabsumedang.
Kata kunci: Humas, media sosial, promosi kesehatan, Rumah Sakit.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anisa, R., Yustikasari, Y., & Dewi, R. (2022). MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2869–2874. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1248
Bailey, C. M. (2010). Engaging Consumers via Social Media Makes Them More Likely To Buy, Recommend. https://www.greenbook.org/marketing-research/engaging-consumers-via-social-media
Barman, U., Das, A., Wagner, J., & Foster, J. (2014). A Challenge for Language Identification in the Language of Social Media. Association for Computational Linguistics. https://aclanthology.org/W14-3902.pdf
Burhan, F. A. (2020). Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Medsos Ketimbang Situs Pemerintah. Pemerintah republik Indonesia. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fb7b04fa5eb9/survei-kic-masyarakat-lebih-percaya-medsos-ketimbang-situs-pemerintah
CDC. (2011). The Health Communicator’s Social Media Toolkit. Office Of The Associate Director For Communication. https://www.cdc.gov/healthcommunication/toolstemplates/socialmediatoolkit_bm.pdf
de Kerckhove, D., & de Almeida, C. M. (2013). What is a digital persona? Technoetic Arts, 11(3), 277–287. https://doi.org/10.1386/tear.11.3.277_1
Dewi, R., Dida, S., & Anisa, R. (2018). Pelatihan Komunikasi Bagi Kader Posyandu di Desa Pegerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Jurnal Abdi MOESTOPO, 1(2), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/am.v1i02.522
Fitri, Z. (2015). AUDIO DIGITAL WATERMARKING UNTUK MELINDUNGI DATA MULTIMEDIA. Techsi, 7(1), 189–208. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/techsi.v7i1.187
Ghaisani, A. P., Handayani, P. W., & Munajat, Q. (2017). Users’ Motivation in Sharing Information on Social Media. Procedia Computer Science, 124, 530–535. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.186
Hassan, S., Nadzim, S. Z. A., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use of Social Media for Small Business Based on the AIDA Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 262–269. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.363
Herdiansyah, A. R. (2020). Design System Pada Perangkat Lunak Di Divisi Codelabs. Universitas Komputer Indonesia.
Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1), 1–10. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Kemenkes RI.
Kepios. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th global) (15th ed.). Pearson Education.
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Lesmana, F., Asthararianty, & Yoanita, D. (2020). Peningkatan Ketrampilan Komunikasi bagi Tenaga Promosi Kesehatan. Media Karya Kesehatan, 3(2), 205-221. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/24852/14245
Majidah, M., Hasfera, D., & M. Fadli, M. F. (2019). PENGGUNAAN WARNA DALAM DISAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP PSIKOLOGIS PEMUSTAKA. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106
Pemerintah Republik Indonesia. (2018). Permenkes Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). https://promkes.kemkes.go.id/permenkes-nomor-44-tahun-2018-tentang-penyelenggaraan-promosi-kesehatan-rumah-sakit
Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 21–28.
Safitri, B. V., Bakti, I., & Hafiar, H. (2019). Profesi humas rumah sakit: antara profesionalisme dan humanisme. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(1), 47. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.16502
Vionita, L., & Prayoga, D. (2021). Penggunaan Media Sosial selama Pandemi Covid-19 dalam Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA, 20(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.126-133
Wu, L., Che Pa, N., Abdullah, R., & Ab. Rahman, W. N. W. (2015). An analysis of knowledge sharing behaviors in requirement engineering through social media. 2015 9th Malaysian Software Engineering Conference (MySEC), 93–98. https://doi.org/10.1109/MySEC.2015.7475202
Yulianto, E., & Nurochim, F. (2020). Pembangunan Marketplace Online Barang Digital Menggunakan Fitur Product Recommendation (Rating & Tag Analytics) dan Braintree Payment System. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1–13.
Yustikasari, Y., Anissa, R., & Dewi, R. (2021). Pelatihan Promosi Kesehatan pada Tenaga Kesehatan di Jawa Barat. Journal of Servite, 3(2), 57. https://doi.org/10.37535/102003220211
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v5i2.39172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License