Etos Kerja Profesionalisme Dalam Penyelenggaraan Birokrasi Pemerintahan

Ridho Harta, Bambang Agus Diana

Sari


Masyarakat yang maju adalah masyarakat yang memapu menghargai tatanan dalam berbagai kegiatan dalam kehidupannya, begitu juga dalam melaksanakan pekerjaan
sehari-hari seperti memiliki Nilai-nilai etika yang dikaitkan dengan etos kerja seperti rajin, bekerja, keras, berdisplin tinggi, menahan diri, ulet, tekun dan nilai-nilai etika
lainnya bisa juga ditemukan pada masyarakat dan bangsa lain.

Pada era otonomi saat ini, yang dibarengi dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan Birokrasi Pemerintah, diperlukan pondasi-pondasi penyelenggaraan negara yang kokoh
sebagai penyangganya. Untuk melaksanakan fungsi yang semakin luas dan kompleks, maka sektor pemerintah tentunya memerlukan berbagai sumber daya yang memadai.
Bersamaan dengan proses perluasan fungsi dan peranan aparatur pemerintah, telah terjadi pula “harapan/tuntutan” yang semakin meningkat dari kalangan masyarakat
(publik) terutama yang berkaitan dengan etos kerjanya. Etos kerja merupakan nilai dasar moralitas yang dapat memberi dorongan mental maupun spiritual bagi seorang aparat
birokrasi untuk dapat berprestasi dalam menjalankan profesinya 


Kata Kunci


Etos kerja, sumber daya manusia, pemerintahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kumorotomo, Wahyudi, 1992. Etika Administrasi negara, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nimran, Umar. 1994. Strategi Pengambangan Profesionalisme Administrasi (Pokok-pokok Pemikiran), dalam Temu Ilmiah Nasional Mahasiswa dan sarjana Administrasi Indonesia, UNIBRAW, Malang.

Riggs, Freud W. 1985 Administrasi Negara-negara Berkembang, Teori Masyarakat Prismatis (terjemahan). CV Rajawali, Jakarta.

Santoro, Priyo Budi. 1993. Birokrasi Pemerintah Orde Baru (Perspektif Kultural dan struktural). PT Raja Grafindo, Jakarta.

Suryawikarta, Bay. 1994. Tanggung Jawab Administrasi Negara Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Melalui Penyempurnaan Kelembagaan dan SDM. LAN RI, Bandung.

Thoha, Miftah. 1997. Deregulasi dan Debirokratisasi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat. Makalah Dalam Seminar Nasional Persadi “Pembangunan Administrasi Dalam Repelita, 7 Maret 1977, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i1.13549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 Jurnal Manajemen Pelayanan Publik Indexed By:

Google Scholar  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search          
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://mesin.poltekharber.ac.id/assets/toto/ https://mesin.poltekharber.ac.id/demo-slot/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/usutoto/ https://bahkapulajjah.pematangsiantar.go.id/xdemo/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slothoki/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/usutoto/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/slot88/ https://gcrf.architecture.ui.ac.id/wp-content/akurat77/ https://appem.kuningankab.go.id/toto-slot/ https://appem.kuningankab.go.id/toto4d/ https://appem.kuningankab.go.id/slot777/ https://appem.kuningankab.go.id/slot88/ https://appem.kuningankab.go.id/slothoki/
slot online gacor https://simanis.jayawijayakab.go.id/vendor/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/xgaming/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/raffi/ https://international.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/-/sule/