Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmu Ternak?

Ke Login Start New Submission

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi
 

Petunjuk Penulis

ATURAN PENULISAN

Naskah  diketik  menggunakan  Microsoft  Word  pada  kertas  A4 dengan  jarak  (margin) masing-masing  tepi  3  cm. Naskah  ditulis dengan jarak 2 spasi, kecuali untuk judul naskah, tabel, dan gambar diketik  1  spasi.  Jenis  huruf  yang  digunakan  adalah  Times  New Roman  dengan  ukuran  font  11,  kecuali  untuk  tabel  dan  grafik menggunakan program Microsoft Excel. Gambar disajikan dengan format  JPEG atau TIFF. Panjang naskah maksimal 12 halaman. Naskah secara substantive harus memenuhi syarat sebagai sebuah karya ilmiah yang tersusun dengan urutan : (1) Judul, (2) Abstrak, (3) Pendahuluan, (4) Materi dan Metode, (5) Hasil dan Pembahasan, (6) Kesimpulan,  (7) Ucapan Terimakasih,  (8) Daftar Pustaka.

 

STANDAR NASKAH

 

(1) Judul

Judul artikel harus singkat, jelas, dan spesifik yang mencerminkan tujuan penelitian. Panjang judul maksimal 14 kata. Setiap kata pada judul  diawali  dengan  huruf  kapital  kecuali  untuk  kata  sambung. Bagian  judul  ini dilengkapi dengan nama penulis, alamat  instansi dan alamat email correspondence author.

 

(2) Abstrak/Abstract

Isi abstrak (Bahasa Indonesia) atau abstract (Bahasa Inggris) tidak lebih dari 200 kata. Bagian  ini ditulis dalam satu paragraph yang berisi latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan serta kata kunci atau key word  (maksimal 5 kata).

 

(3) Pendahuluan

Pendahuluan berisi uraian singkat mengenai latar belakang, tujuan penelitian, dan  literatur yang mendukung.

 

(4) Materi dan Metode

Materi  penelitian  dideskripsikan  dengan  jelas  termasuk  cara pengambilan  datanya.  Metode  memuat  desain,  prosedur,  dan analisis datanya.

 

(5) Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian sebaiknya disajikan dalam bentuk tabel / diagram / grafik / gambar/ foto. Narasi pada hasil dan pembahasan merupakan penjelasan dan atau diskusi alasan ilmiah terhadap hasil penelitian yang didukung  literatur yang  relevan.

 

(6) Kesimpulan

Kesimpulan  harus  ringkas  dan  merupakan  jawaban  dari  tujuan penelitian

 

(7) Ucapan Terimakasih  (jika ada)

 

Aturan Tambahan  :

Penulisan satuan pengukuran menggunakan Sistem Internasional (SI).

 

Penulisan angka desimal dalam naskah untuk bahasa  Indonesia dipisah dengan koma  (,) dan untuk bahasa  Inggris dengan  titik  (.).

 

Tata nama  latin  dicetak miring. Nama  lengkap  kimia  digunakan untuk  senyawaan pada penyebutan pertama kali.

 

Tabel  harus memberikan  informasi  yang  jelas,  utuh  dan  bersifat independen (dapat dimengerti meskipun tanpa teks naskah). Judul tabel diberi nomor dan harus menggunakan jenis tulisan yang sama dengan  naskah.  Garis  pemisah  dibuat  dalam  bentuk  horizontal (mendatar) minimal  terdiri atas  tiga baris, yaitu dua pada bagian atas (kepala  tabel)  dan  satu  pada  penutup  tabel  (tidak  diperkenankan menggunakan garis vertikal. Setiap singkatan atau simbol diberikan penjelasannya di bawah  tabel.

Gambar dan Grafik. Judul gambar dan grafik diberi nomor dan harus menggunakan  jenis  tulisan yang sama dengan naskah. Ukuran gambar dan grafik harus masih terbaca dengan jelas jika ukurannya dikecilkan hingga 50%. Grafik yang berbentuk kolom dibuat dalam dua dimensi dengan isian berupa arsiran dan tidak merupakan solid atau warna blok  selain hitam. Grafik yang berbentuk garis harus menggunakan  style  line yang berbeda.

 

(8) Daftar Pustaka

Pustaka maksimal  referensi  10  tahun  terakhir. Penulisan Pustaka dalam  naskah  didahului  dengan  nama  penulis,  kemudian  diikuti dengan tahun penerbitan, judul, dan penerbit. Pustaka yang disitir dalam  naskah  secara  bersama-sama  diurutkan  secara  kronologis. Contoh  (Smith, 1970, 1980: Anderson dan Smith, 1982a, 1982b: Anderson,  dkk,  1985).  Tidak  diperkenankan  menggunakan "Anonim", atau "skripsi"  sebagai pustaka.

Penulisan Daftar Pustaka disusun menurut abjad huruf pertama dari nama penulis. Seluruh pustaka yang  ada di dalam daftar pustaka harus  sesuai  dengan  pustaka  yang  digunakan  dalam  naskah. Penulisan harus singkat sesuai dengan standar internasional. Judul jurnal yang belum ada singkatannya ditulis  lengkap sebagaimana adanya.

Pengutipan pustaka dari internet hanya diperbolehkan dari sumber yang  dapat dipertanggungjawabkan,  seperti  jurnal,  instansi pemerintah  atau  swasta.  Penulisan  pustaka  dari  internet  agar mencantumkan  tanggal dan waktu access. Daftar Pustaka ditulis dengan mengikuti contoh  sebagai berikut 

 

Artikel

Mansyur  and  H.L.  Choi,  2011.  Change  of  physic-chemical properties of pig slurry during storage. Media Peternakan Desember 2011. 179-183.

Buku

Phillips, C., 2002. Cattle Behaviour and Welfare. 2nd ed. Blackwell Science. Oxford. UK.

Bab dalam Buku

Romney, D.L.,  and M. Gill,  2000.  Intake  of  forages.  In:  Forage Evaluation  in  Ruminant  Nutrition.  D.I  Given,  E.  Owen,  R.F.E. Axford, and H.M. Omed (eds.) CABI Publishing. Wallingford. UK. 43 – 62.

Publikasi dalam Risalah

Reheul, D., A. De Vliegher, L. Bommale, and L. Carlier. 2004. The comprarison  between  temporary  and  permanent  grassland.  In: Permanent  and  Temporary  Grassland,  Plant,  environment,  and Economy.  Proceeding  European  Grassland  Federation.  A.  De Vliegher and L. Carlier.Ghent – Belgium. 3-5 September 2007. 1- 13.

Publikasi dari  Internet

Choi, H.L., Suresh, A., Babu, T., and Mansyur. 2011. Impact of Pig Slaughter from WangGoong Farm Cluster on Water Quality of the Iksan  Stream.  J.  of  Anim.  Sci.  and  Technol.  53(6)  549-561. http://dx.doi.org/10.5187/JAST.2011.53.6.549 Acces date 2012.05.14

 

Pemberitahuan Hak Cipta

  1. Setiap naskah yang diserahkan penulis ke dewan redaksi harus tunduk pada kebijakan danketentuan yang berlaku.
  2. Hak publikasi atas semua materi naskah Jurnal Ilmu Ternak yang diterbitkan/dipublikasikan dipegang oleh dewan redaksi.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara elektronik dapat diakses secara gratis full text hanya untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Di luar tujuan tersebut, pengakses akan harus meminta izin kepada dewan redaksi sesuai dengan ketentuan UU Hak Cipta.

 

Pernyataan Privasi

Seluruh naskah Jurnal Ilmu Ternak, baik format cetak maupun elektronik, dijamin keasliannya dengan menjunjung tinggi hak eksklusif penulis. Jika terdapat duplikasi penerbitan, naskah akan dicabut/dihapus oleh dewan redaksi.