PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA PRASEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN GAWAI

Herni Wulandari, Dessy Hasanah Siti Asiah, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan pengawasan orang tua terhadap anak usia prasekolah saat menggunakan gawai. Pengawasan merupakan kegiatan yang memiliki tujuan agar dapat melindungi dalam bentuk perhatian, sehingga anak dapat berkembang terutama anak usia prasekolah. Dalam menggunakan gawai anak memerlukan pendampingan dari orang tua untuk mengarahkan serta memberikan pemahaman-pemahaman mengenai media yang ditonton untuk menunjang pengetahuan serta persepsi-persepsi positif bagi anak. Adapun aspek-aspek pengawasan orang tua dalam pengawasan anak usia prasekolah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mediasi aktif prnggunaan media daring, Mediasi aktif keamanan penggunaan media daring, Mediasi pembatasan, pembatasan teknis, dan monitoring. Aspek-aspek pengawasan orang tua  yang diteliti ini agar dapat terhindar dari dampak negatif penggunaan gawai. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua sudah melakukan pengawasan dalam penggunaan gawai pada anak, berusaha meluangkan waktunya untuk melakukan pendampingan pada anak, membantu anak ketika mengalami kesulitan dalam pengoperasian gawai, memberikan arahan untuk membuka konten bersifat edukatif, orang tua berusaha menerapkan kedisiplinan waktu penggunaan gawai sebagai bentuk pengawasannya. Terdapat perbedaan antara ayah dan ibu dalam melakukan pengawasan. Belum semua aspek pengawasan dapat dilakukan secara langsung oleh orang tua karena faktor kesibukan pekerjaan, sehingga orang tua belum dapat melakukan perannya pada aspek-aspek tertentu.


Kata Kunci


Pengawasan orang tua, Anak Usia Prasekolah, Gawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Biechler dan Snowman. (1993). Perkembangan Anak. Pt: Remaja Rosdakarya. Bandung

Fikkers, K. M., Piotrowski, J. T., & Valkenburg, P. M. (2017). A matter of style? Exploring the effects of parental mediation styles on early adolescents’ media violence exposure and aggression. Computers in Human Behavior, 70, 407–415.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Vol. 17, No. 2

Clark, L. S. (2011). Parental mediation theory for the digital age. Communication Theory, 21(4),

Hagen, I. (2007). ‘We can’t just sit the whole day watching TV: Negotiations concerning media use among youngsters and their parents’, Young: Nordic Journal of Youth Research, Vol 15, No 4, pp. 369–393.

Juliadi. (2018). Penyebab Penggunaan Gadget Pada Remaja. Skripsi. Tidak Diterbitkan. FKIP Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam.

Livingstone, S., & Helper, E, J. (2008). Parental Mediation and children’s Internet use, Journal of Broadcasting & electronic Meida, 581-599

Maulida, Hidayahti. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah. FKIP, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Semarang

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186.

Unantenne, N. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. The Asian Parent Insight.

Pristinella, D. (2018). Mempersiapkan Generasi Milenial Ala Psikolog. Jakarta: PT kompas Media Nusantara.

Sari, P dan Mitsalia A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2): 73 – 77.

Suana & Firdaus. (2014). Pola Asuh Orang tua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202 Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7 (2)

Suardi. (2006). Psikologi Perkembanganpada Remaja. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Syahra, R. (2006). Informatika Sosial Peluang dan Tantangan. LIPI. Bandung

Valkenburg, P. M., Kremar, M., Peeters, A. L., & Merseille, N.M. (1999). Developing a scale to assess three different sysles of television mediation: “intstructive mediation”, “restrictive mediation”, and “social coviewing: Journal of Broadcasting & Electronic Media, 52-66)

Yulianti, Dwi (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks

Zakiyah Darojad. (2010). Kesehatan Mental. Jakarta: Haji Masagung




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.32690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: