PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNA DAKSA
Abstrak
Anak tuna daksa memiliki kemampuan terbatas yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam melakukan sosialisasi. Dukungan sosial diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anak tuna daksa termasuk perkembangan interaksi maupun sosialisasi anak tuna daksa. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dukungan sosial terhadap kemampuan interaksi sosial anak tuna daksa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan data sekunder. Adapun hasil yang diperoleh dari kajian ini bahwa interaksi sosial anak tuna daksa dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya adalah dukungan sosial. Interaksi sosial yang berjalan lancer akan membantu anak dalam mengembagkan dirinya untuk memiliki hubungan dengan orang lain, dan melalui hubungan yang dibangun dengan orang lain, akan membantu anak tuna daksa tumbuh dan berkambang secara normal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andar beni, Sari Lisdian. (2013). Studi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A dalam Kegiatan Metode Proyek di TK Al-Falah Pungging Mojokerto. Jurnal BK Unesa. 4:1-12
Crawford M, Manassis, K. (2011) Anxiety, social skills, friendship quality, and peer victimization: An integrated model. Journal of Anxiety Disorder. 25, 924-931.
Kerti Susilo, Erwanto. (2012). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Autis Usia 6-15 Tahun Di Kota Denpasar Provinsi Bali. Journal Poltekkes Denpasar
Lisnawati Lina, Raharjo, Santoso & Fedryansyah, Muhammad. (2018). Eksistensi Profesi Eksistensi Profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Metra Naibaho et al,. (2009). Program Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas di Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang. PROSIDING KS: RISET & PKM 3:301-444
Mohammad Efendi. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Kusuma Heni. (2016). Identifikasi Interaksi Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Jlaban, Sentolo, Kulon Progo. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 5:13
Rizka C.M, Kurniawati. (2009). Peran Keterampilan Sosial Terhadap Kualitas Pertemanan Pada Anak Berkebu tuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 9:1
Saeidi B, Haydari L. (2015). The Effectiveness of theory of mind training on improving patients suffering bipolar disorder. Journal of Applied Enviromental and Biological
Sicillya E. Boham. (2013). Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Autis (Studi pada orang tua dari anak autis di Sekolah Luar Biasa AGCA Center Pumorow Kelurahan Banjer Manado). Jurnal Psikologi Vol 2:4
Sutjihati Somantri. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama
Sudjadi dan Wardoyo. (2005). Pelayanan Rehabilitasi Sosial untuk Membantu Kemandirian Tuna Daksa. Bandung: STKS
https://babelprov.go.id/content/dukungan-sosial-untuk-penyandang-disabilitas
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33615
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: