PENDAMPINGAN PADA REMAJA DALAM MENGATASI CEMAS SAAT PUBLIC SPEAKING MENGGUNAKAN EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE, RELAKSASI IMAJINASI DAN OLAH TUBUH

Vini Oktaviani, Meilanny Budiarti Santoso, Santoso Tri Raharjo

Abstrak


Kecemasan merupakan sesuatu yang terjadi pada hampir semua orang, termasuk remaja pada waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Seperti yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa 20% dari populasi dunia mengalami kecemasan, dan 48% diantaranya merupakan remaja. Di Indonesia, prevalensi kecemasan pada remaja berkisar antara 65-78% dengan prevalensi kelompok perempuan lebih tinggi dibandingkan kelompok laki-laki. Kecemasan bisa menyebabkan adanya perubahan secara fisik juga psikologis. Kecemasan yang dialami saat berbicara di depan umum merupakan hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam menyampaikan tujuan yang ingin dicapai. Dalam kondisi demikian, diperlukan suatu upaya untuk menurunkan tingkat kecemasan yang dirasakan dengan berbagai teknik intervensi yang dapat dilakukan, seperti Emotional Freedom Technique (EFT), Relaksasi Imajinasi dan Olah Tubuh, ketiga teknik tersebut ditujukan untuk menaikkan kendali dan rasa percaya diri untuk mengurangi stres dan kecemasan yang dirasakan. Artikel ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisa berbagai kajian pustaka dan riset aksi yang diperlukan dalam proses penyusunannya. Intervensi yang dilakukan selama empat minggu bersama klien yang mengalami isu terkait menggunakan tiga teknik relaksasi tersebut, membuahkan hasil yang cukup signifikan dalam penyampaian materi yang dilakukan klien saat melakukan presentasi. Melawan rasa cemas menjadi sebuah keberanian merupakan tindakan yang paling tepat dan dapat dilakukan pada saat kita dalam kondisi yang tenang dan nyaman. Jangan sampai kecemasan menjadi penghalang dalam memiliki keterampilan komunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Kata Kunci


Kecemasan, EFT, Relaksasi Imajinasi, Olah Tubuh, Public Speaking

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/109

Carpenito, L. J. (2009). Diagnosis Keperawatan: Aplikasi Pada Praktik Klinis. Jakarta: EGC

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Akhir Sekolah. 11–40.

Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 10(1), 178681. https://doi.org/10.35760/psi

Freud, S., Strachey, J. 1949. An Outline Of Psychoanalysis. New York: W.W Norton.

Gui, Gary. 2009. Social Anxiety – How To Cure It. Artikel diambil dari http://id.articlesnatch.com/topic/social+anxiety.

Gusdiansyah, E., & Rahmah, M. (n.d.). Teknik Relaksasi Emotional Freedom Technique ( EFT ) Terhadap Tingkat Kecemasan Tahanan Emotional Freedom Technique ( EFT ) Relaxation Techniques Against Anxiety of Prisoners. 5(1), 60–65.

Hawari, Dadang. 2001. Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Indah, V. (2015). Tingkat Kecemasan (Anxiety) Atlet Dalam Mengikuti Pertandingan Olahraga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21, 39–44.

Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grabb, J. A. (2010). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Psikiatri Klinis. Tangerang: Binarupa Aksara.

Kusumawardhani. (2010). Psikiatri. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Manokwari, P. A. (2021). Artikel history. 14(2), 118–126.

Muslimin, K. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berkomunikasi di depan umum. Jurnal interaksi, Vol II No.2, Juli : 43-52.

Nevid, J.S, Rathus, S.A., & Greene B. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Riningsih, Riningsih (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menarche Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Siswi Sd Negeri Tugu 01 Sayung Demak. Undergraduate Thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Artikel diambil dari http://repository.unissula.ac.id/7330/

Septyowaty, O. T. (2006). Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Progresif Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Pelajaran Kimia (Studi Ilmiah Pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri I Balikpapan ).

Sumartini, S., & Bachtiar, H. H. (2016). Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah. 2(1), 1–9.

Susanti, W., Warsito, B. E., & Armunanto, -. (2015). Pengaruh Terapi Imajinasi Terpimpin Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Kelurahan Karangsari Kabupaten Kendal. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 0(-), 217–220. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/879/933

Tim MGBK. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: Grasindo.

Zainudin. (2018). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) for Healing Success Happines Greatness. Afzan Publising.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.35130

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: