PENDAMPINGAN PADA REMAJA DALAM MENGATASI CEMAS SAAT PUBLIC SPEAKING MENGGUNAKAN EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE, RELAKSASI IMAJINASI DAN OLAH TUBUH
Abstrak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/109
Carpenito, L. J. (2009). Diagnosis Keperawatan: Aplikasi Pada Praktik Klinis. Jakarta: EGC
Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Akhir Sekolah. 11–40.
Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 10(1), 178681. https://doi.org/10.35760/psi
Freud, S., Strachey, J. 1949. An Outline Of Psychoanalysis. New York: W.W Norton.
Gui, Gary. 2009. Social Anxiety – How To Cure It. Artikel diambil dari http://id.articlesnatch.com/topic/social+anxiety.
Gusdiansyah, E., & Rahmah, M. (n.d.). Teknik Relaksasi Emotional Freedom Technique ( EFT ) Terhadap Tingkat Kecemasan Tahanan Emotional Freedom Technique ( EFT ) Relaxation Techniques Against Anxiety of Prisoners. 5(1), 60–65.
Hawari, Dadang. 2001. Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Indah, V. (2015). Tingkat Kecemasan (Anxiety) Atlet Dalam Mengikuti Pertandingan Olahraga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21, 39–44.
Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grabb, J. A. (2010). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Psikiatri Klinis. Tangerang: Binarupa Aksara.
Kusumawardhani. (2010). Psikiatri. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Manokwari, P. A. (2021). Artikel history. 14(2), 118–126.
Muslimin, K. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berkomunikasi di depan umum. Jurnal interaksi, Vol II No.2, Juli : 43-52.
Nevid, J.S, Rathus, S.A., & Greene B. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.
Riningsih, Riningsih (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menarche Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Siswi Sd Negeri Tugu 01 Sayung Demak. Undergraduate Thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Artikel diambil dari http://repository.unissula.ac.id/7330/
Septyowaty, O. T. (2006). Pengaruh Teknik Relaksasi Imajinasi Progresif Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Pelajaran Kimia (Studi Ilmiah Pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri I Balikpapan ).
Sumartini, S., & Bachtiar, H. H. (2016). Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah. 2(1), 1–9.
Susanti, W., Warsito, B. E., & Armunanto, -. (2015). Pengaruh Terapi Imajinasi Terpimpin Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Kelurahan Karangsari Kabupaten Kendal. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 0(-), 217–220. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/879/933
Tim MGBK. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: Grasindo.
Zainudin. (2018). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) for Healing Success Happines Greatness. Afzan Publising.
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.35130
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: