PROGRAM PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG TENTANG CIRI PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA-SEKOLAH (2-5 TAHUN)

Lanngersari Elsari Novianti, Afra Hafny Noer, Laila Qodariah, Marisa Fransisca Moeliono, Lucia Voni Pebriani, Poeti Joefiani, Maya Ardiwinata

Abstrak


Pendidik anak usia dini atau lebih dikenal dengan sebutan Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), memegang peranan penting terhadap optimalisasi aspek perkembangan anak secara holistik. Merujuk pada kebutuhan guru PAUD dan hasil pemeriksaan psikologi pada anak-anak PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, diadakanlah program psikoedukasi bagi para guru untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai ciri perkembangan anak usia dini (3-6 tahun) dan stimulasi bagi aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Psikoedukasi yang diberikan kepada 86 orang guru PAUD dari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Materi mencakup 1) Mengenal Ciri Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun dan 2) Stimulasi Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun yang dikemas dalam metode belajar lecturing, games, diskusi kelompok, experiential learning, dan presentasi. Berdasarkan hasil evaluasi partisipan merasakan adanya manfaat dalam penambahan wawasan dan dapat berbagi ilmu dengan pengajar dan rekan guru PAUD lainnya, namun jika dilihat dari hasil pre-post test, tidak terdapat perubahan signigikan dalam perolehan pengetahuan guru. Terdapat beberapa hal yang dapat dikembangkan dari kegiatan ini, antara lain pengembangan alat ukur pre-post test yang lebih spesifik, pengkajian ulang mengenai materi dan metode, perluasan materi mengenai anak berkebutuhan khusus, dan keberlanjutan program yang dapat dilaksanakan kepada orang tua siswa.

Kata kunci : pendidikan anak usia dini, ciri perkembangan anak, stimulasi perkembangan anak, psikoedukasi


Referensi


Berk, L. E. (2003). Child Development 6th edition. USA: Pearson Education Inc.

Graziano, As. M. (2000). Research Methods: A Process of Inquiry 4th edition. USA: Allyn & Bacon.

Himpaudi Sumedang. (2017). Data Profil Himpaudi Sumedang. Retrieved from Himpaudi Sumedang: himpaudisumedang.blogspot.co.id

Kohls, L., & Brussow, H. (1995). Training Know-How For Cross Cultural and Diversity Trainers. San Francisco: Adult Learning Systems.

Lukens, E. P., & McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Consideration for Practice, Research, and Policy. Journal Brief Treatment and Crisis Intervention Volume 4. .

Preiss, D. D., & Stenberg, R. J. (2010). Innovation in Educational Psychology. New York: Springer Publishing Co.

Santrock, J. W. (2012). Child Development. New York: McGraw Hill.

Berk, L. E. (2003). Child Development 6th edition. USA: Pearson Education Inc.

Graziano, As. M. (2000). Research Methods: A Process of Inquiry 4th edition. USA: Allyn & Bacon.

Himpaudi Sumedang. (2017). Data Profil Himpaudi Sumedang. Retrieved from Himpaudi Sumedang: himpaudisumedang.blogspot.co.id

Kohls, L., & Brussow, H. (1995). Training Know-How For Cross Cultural and Diversity Trainers. San Francisco: Adult Learning Systems.

Lukens, E. P., & McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Consideration for Practice, Research, and Policy. Journal Brief Treatment and Crisis Intervention Volume 4. .

Preiss, D. D., & Stenberg, R. J. (2010). Innovation in Educational Psychology. New York: Springer Publishing Co.

Santrock, J. W. (2012). Child Development. New York: McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.24198/10.24198/jpsp.vol1n1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.