Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Bagian-Bagian Artikel

Judul
- Judul ditulis dalam 2 bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan berjumlah tidak lebih dari 20 kata bagi keduanya
- Judul menggunakan pilihan kalimat deskriptif yang berkaitan erat dengan isi artikel

- Bagian judul meliputi nama lengkap seluruh penulis, afiliasi/institusi, alamat korespondensi lengkap, nomor telepon, nomor fax, dan alamat email

- Judul harus singkat dan tidak ambigu
- Judul harus memuat kata kunci
- Pada penelitian deskriptif, judul dapat memuat tempat dan periode penelitian, tergantung pada nilai esensialnya, terutama untuk hasil yang mungkin tidak dapat digeneralisasikan di lokasi lain
- Judul ditempatkan pada bagian atas tengah halaman, dengan aturan huruf Sentence Case, TIDAK PERLU digarisbawahi atau dimiringkan

   

Abstrak

- Abstrak ditulis dengan struktur IMRAD : Introduction/Pengantar, Methods/Metode, Results/Hasil And Discussion/Pembahasan dan Conclusion/Simpulan
- Abstrak ditulis dalam 2 paragraf berbeda, berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris, tidak lebih dari 200 kata untuk Abstrak berbahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata untuk Abstrak berbahasa Inggris, merangkum aspek utama dari keseluruhan artikel dalam urutan yang ditentukan berikut ini:
  • topik yang menjadi bahasan artikel (atau tujuan penulisan), nyatakan tujuan penulisan dengan jelas pada kalimat terakhir bagian Introduction/Pendahuluan
  • desain penelitian/metode penelaahan yang digunakan (bagian Methods/Metode)
  • temuan utama termasuk hasil kuantitatif utama, atau tren, bersama dengan ringkasan singkat interpretasi Anda (bagian Results/Hasil And Discussion/Diskusi)
  • menjelaskan dengan jelas implikasi dari jawaban yang diberikan oleh keseluruhan penelitian, bukan hasil analisis statistik (bagian Conclusion/Simpulan

- Semua akronim atau singkatan didefinisikan sejak pertama kali disebutkan dalam abstrak, dan akronim atau singkatan ditulis dalam tanda kurung sesudahnya.

- Abstrak berisi 3–5 kata kunci.


Pengantar

- Menetapkan konteks artikel dengan membahas literatur utama yang relevan (sebagai kutipan) dan rangkuman dari pemahaman saat ini tentang masalah yang diselidiki;

- Nyatakan tujuan penulisan dalam bentuk hipotesis, pertanyaan, atau masalah yang Anda selidiki;

- Jelaskan secara singkat alasan dan pendekatan Anda dan bila memungkinkan, kemungkinan hasil yang dapat diungkapkan oleh hasil penelaahan Anda.


Metode

- Jelaskan organisme yang digunakan dalam penelaahan Anda (bila ada).

- UNTUK STUDI LAPANGAN: Jelaskan tempat studi Anda dilakukan.

- UNTUK STUDI LABORATORIUM/EKSPERIMENTAL: Anda TIDAK PERLU melaporkan tanggal dan lokasi studi KECUALI bahwa informasi penting bagi peneliti lain yang mungkin ingin mengulangi studi Anda atau menggunakan fasilitas yang sama.

- Jelaskan desain eksperimen/studi Anda dengan jelas.

- Jelaskan prosedur studi Anda dengan cukup rinci sehingga peneliti lain dapat mengulangi pekerjaan Anda untuk memverifikasi temuan Anda (sebagai sitasi)

- Jelaskan bagaimana data dikumpulkan dan dianalisis. Informasi yang harus disertakan meliputi:

  • software analisa statistik yang digunakan
  • metode pengumpulan data (Mean, persentase, dst.) dan bagaimana Anda melaporkan pengukuran variabilitas (SD, SEM, 95% CI, dst.)
  • transformasi data yang digunakan (misalnya, bagaimana mengkoreksi distribusi normal atau menyamakan varians)
  • uji statistik yang digunakan mengenai permasalahan tertentu yang Anda hadapi
  • data numerik lainnya (misalnya, data normalisasi) atau teknik grafis yang digunakan dalam menganalisis data
  • probabilitas (apriori) yang digunakan untuk menentukan signifikansi; umumnya dituliskan dengan simbol alfabet Yunani alpha.

- Sebaiknya ada sitasi referensi jika dibutuhkan

- Sebutkan persetujuan dari Komite Etik


Hasil

- Jelaskan hasil kunci Anda secara obyektif, tanpa interpretasi, dalam urutan yang teratur dan logis secara naratif dan ilustratif (Tabel dan Gambar).

- Laporkan hasil penelaahan Anda untuk memberikan informasi sebanyak mungkin kepada pembaca tentang perbedaan, arah, atau besaran temuan Anda.

- Atur bagian hasil berdasarkan urutan Tabel dan Gambar yang akan Anda sertakan.

- Isi dari bagian Hasil adalah presentasi naratif dari temuan utama yang mencakup referensi dari masing-masing Tabel dan Gambar.

- Ringkasan uji statistik (jenis uji, nilai p) biasanya dilaporkan secara bersamaan dengan hasil biologis yang menjadi pendukungnya.

  • Hindari mencurahkan seluruh kalimat untuk melaporkan hasil statistik saja.
  • Hindari penggunaan berlebihan kata "signifikan"

- Sampaikan hasil penelaahan Anda dalam urutan yang secara logis mendukung (atau berikan bukti melawan) hipotesis, sebagai jawaban dari permasalahan yang dinyatakan dalam Pendahuluan.

Laporkan hasil negatif

- Selalu masukkan unit yang sesuai saat melaporkan data atau ringkasan statistik.


Pembahasan

- Interpretasikan hasil yang Anda peroleh berdasarkan apa yang sudah diketahui tentang subjek penelaahan, dan untuk menjelaskan pemahaman baru tentang permasalahan yang Anda bahas setelah mempertimbangkan hasil yang didapat.

- Pertanyaan mendasar yang harus dijawab di bagian Pembahasan meliputi:

  • Apakah hasil Anda memberikan jawaban atas hipotesis yang sedang diuji? Jika demikian, bagaimana Anda menafsirkan temuan Anda?
  • Apakah temuan Anda sesuai dengan apa penelaahan peneliti lain? Jika tidak, apakah mereka menyarankan penjelasan alternatif atau mungkin kekurangan desain yang tak terduga terjadi dalam penelaahan Anda (atau penelaahan peneliti tersebut?)
  • Apakah pemahaman baru yang didapatkan mengenai masalah yang Anda selidiki dan dituangkan dalam Pendahuluan?

- Anda harus menghubungkan penelaahan Anda dengan temuan dari peneliti lain - termasuk penelaahan sebelumnya yang mungkin telah Anda lakukan, atau pertanyaan dari peneliti lain.

- Jangan menampilkan hasil yang tidak dibahas sebelumnya dalam bagian Pembahasan.


Simpulan

- Hasil analisis statistik bukanlah hasil kunci, melainkan alat analisis yang membantu kita memahami apa hasil kunci yang didapatkan.

Simpulan adalah hasil kunci, luaran paling penting dan menentukan sebagai hasil dari penelaahan Anda.

- Jangan hanya meringkas poin yang telah dibuat dalam penelaahan Anda - tafsirkan temuan Anda pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi.

- Buatlah Simpulan yang menarik dan berkesan bagi pembaca.


Ucapan Terima Kasih

Jika dalam pekerjaan Anda, Anda mendapat bantuan penting dalam memikirkan, merancang, atau melaksanakan pekerjaan, atau menerima bantuan dana dari pihak-pihak tertentu, Anda harus menyatakan bantuan dan layanan atau pendanaan yang mereka berikan. Ucapan Terima Kasih umumnya singkat dan tidak berbunga-bunga.


Daftar Pustaka

- Daftar Pustaka tidak boleh diambil lebih dari 10 tahun terakhir

- 80 persen referensi harus berasal dari jurnal dan sisanya berasal dari buku teks atau lainnya

Hindari menamai bagian ini sebagai "Bibliografi". Bibliografi berisi referensi yang mungkin telah Anda baca namun tidak secara spesifik dikutip dalam teks. Bagian bibliografi ditemukan di buku dan tulisan sastra lainnya, tapi bukan pada jurnal ilmiah.

- Kutipan referensi ada dalam urutan numerik sesuai dengan penyebutan pertama dalam teks dan peraturan Vancouver

Vancouver adalah gaya referensi bernomor yang biasa digunakan dalam dunia kedokteran dan sains, dan terdiri dari:

  • kutipan untuk referensi berdasarkan penelitian orang lain dalam teks, ditunjukkan dengan penggunaan nomor
  • daftar referensi berurutan nomor di akhir dokumen yang memberikan rincian lengkap referensi teks yang sesuai

Sistem ini mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh International Committee of Medical Journal Editors, yang sekarang diteruskan oleh U.S. National Library of Medicine. Peraturan ini juga dikenal sebagai Uniform Requirements for Manuscripts submitted to Biomedical Journals.

Panduan pengutipan referensi Vancouver & referencing style

- Catatan umum:

  • Referensi dicantumkan dalam urutan numerik, dan dalam urutan yang sama di mana mereka dikutip dalam teks. Daftar referensi muncul di bagian akhir artikel.
  • Mulailah daftar referensi Anda di halaman baru dan beri judul 'Daftar Pustaka'.
  • Daftar pustaka harus mencakup semua dan hanya referensi yang Anda kutip dalam teks. (Namun, jangan sertakan kutipan yang tidak dipublikasikan seperti korespondensi).
  • Gunakan sistem penomoran Arabic (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9).
  • Gunakan singkatan nama jurnal dengan sistem abreviasi yang digunakan pada NLM Catalog
  • Periksa rincian referensi terhadap sumber sebenarnya - Anda menunjukkan bahwa Anda telah membaca sumber saat Anda mengutipnya.
  • Konsisten dan hindari pengulangan referensi Anda di seluruh dokumen.


Lain-lain

  • Hasil versi tata letak akhir setiap manuskrip mungkin berbeda dengan apa yang Anda buat dengan template yang kami sediakan dalam versi .docx, karena software berbeda yang digunakan untuk membuat versi tata letak akhir (JKG menggunakan perangkat lunak Adobe® InDesign sebagai software layout editing)
 

 

Untuk panduan teknis lebih detail dan aplikatif, Anda dapat mengunduh Template Artikel Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.